OJK Mulai Awasi Lembaga Keuangan Mikro

OJK

SEMARANG – Lembaga Keuangan Mikro (LKM) mulai mendapat pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Upaya ini untuk memenuhi kebutuhan layanan keuangan bagi masyarakat sekaligus mengantisipasi penyalahgunaannya.

Kepala Kantor Perwakilan OJK Jateng-DIY, Y Santoso Wibowo mengatakan, LKM memiliki peranan yang cukup penting bagi masyarakat. Melalui lembaga ini, mereka yang jauh dari jangkauan bank, tetap dapat menikmati transaksi serupa dengan biaya yang lebih murah.

”Adapun terkait pengawasan kini kami tengah melakukan pendataan, sebab tidak semua LKM akan diawasi OJK. Selain diawasi OJK, ada LKM yang diawasi Dinas Koperasi dan UMKM,” ungkapnya, Senin (5/1).

Sekarang ini OJK sedang melakukan pendataan dan pendaftaran terhadap LKM. Para LKM dapat melakukan pendaftaran pada OJK mulai Januari 2015 ini. OJK memberikan waktu selama setahun bagi lembaga-lembaga di setiap daerah untuk mendaftarkan diri. Sebab keberadaan mereka harus tercatat dan legal.

”Kami memberikan jangka waktu setahun untuk proses edukasi dan kelengkapan dari LKM. Hal ini mengingat banyaknya jumlah LKM. Misalnya di Kabupaten Rembang saja ada 740 LKM, belum lagi se-Jateng. Maka memang membutuhkan waktu,” tandasnya. (MS-16)

You might also like

Comments are closed.