OJK Perpanjang Pendaftaran Izin Pendirian LKM

Peluncuran Layanan Keuangan Masyarakat PT Bank Sinarmas, di Tegalrejo Kabupateng Magelang, Jumat (8/1). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Peluncuran Layanan Keuangan Masyarakat PT Bank Sinarmas, di Tegalrejo Kabupateng Magelang, Jumat (8/1). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

METROSEMARANG.COM – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal memberikan perpanjangan waktu untuk pendaftaran  perizinan usaha dan kelembagaan pendirian Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Hal tersebut diungkapkan anggota Dewan Komisioner OJK, Firdaus Djaelani. Menurutnya, batas akhir persyaratan pendaftaran LKM yang seharusnya ditutup hari ini tanggal 8 Januari 2016 akan diperpanjang hingga dua tahun ke depan.

“Mestinya, sesuai UU LKM berakhir hari ini. Tapi kami telah berkonsultasi dengan DPR pekan lalu soal batas pendaftaran izin usaha atan lembaga keuangan industri setara. Akhirnya, diundur sampai dua tahun ke depan,” kata dia di sela-sela peluncuran Layanan Keuangan Masyarakat PT Bank Sinarmas, di Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jumat (8/1).

LKM adalah lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat, baik melalui pinjaman atau pembiayaan dalam usaha skala mikro kepada anggota dan masyarakat, pengelolaan simpanan, maupun pemberian jasa konsultasi pengembangan usaha yang tidak semata-mata mencari keuntungan.

Sementara itu, untuk wilayah Jawa Tengah sendiri Firdaus menyebut dari seluruh industri keuangan kecil yang mengajukan izin, tercatat baru 20 diantaranya yang menjadi LKM. Menurut dia, perpanjangan pendaftaran kepada lembaga setara LKM karena belum sepenuhnya memenuhi persyaratan ditentukan.

“Ibaratnya belum mendapat izin pendirian LKM. Jadi, memang perlu diperpanjang. Dari jumlah yang mendapat izin, baru 8 LKM yang telah dikukuhkan atau diresmikan,” tandasnya.

Sesuai UU LKM yang mengamanatkan OJK untuk mengatur, membina dan mengawasi LKM. Pembinaan dan pengawasan LKM pada tahap awal oleh OJK terutama ditujukan untuk penguatan atau pemberdayaan LKM melalui program pelatihan kepada pengurus LKM yang sudah berizin. (yas)

You might also like

Comments are closed.