Oknum Polantas Pelaku Pungli Dinonaktifkan

METROSEMARANG.COM – Oknum Polisi Bripka A yang terekam melakukan pungli dalam sebuah video yang diunggah di Youtube menjalani pemeriksaan di Bid Propam Polda Jawa Tengah. Saat ini pelaku juga sudah dinonaktifkan.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Yuswanto Ardi mengatakan razia yang digelar di Jalan Randugarut, Pantura tersebut sebenarnya legal. Ada sebanyak sembilan orang Polantas yang bertugas dalam razia tersebut. 

“Itu merupakan operasi yang legal, suratnya juga ditanda tangani oleh saya. Itu dalam rangka penegakan hukum pelaggaran lalulintas cipta kondisi menjelang operasi lilin candi 2017,” ujarnya di Mapolrestabes Semarang, Selasa (19/12) sore.

Pemeriksaan internal sementara, dari sebanyak sembilan orang petugas yang melakukan razia, hanya Bripka A yang melakukan pungli. Sementara petugas lainnya melakukan penilangan sesuai prosedur. “Petugas di bagian penilangan sebenarnya ada dua, Bripka A dan satu orang rekanya. Tapi rekannya melakukan tilang sesuai prosdur,” imbuh Ardi

Ardi juga mengatakan, Bripka A saat itu telah menerima tiga titipan dari pelanggar yang terjaring razia. Ketiganya kebetulan berasal dari luar Kota Semarang. “Ada dari Grobogan sama satu lagi daerah Demak,” ujar Ardi.

Kini pemeriksaan terhadap Bripka A masih terus dilakukan. Pihak lain yang bersangkutan seperti pengunggah video di media sosial Facebook juga dihadirkan untuk dimintai keterangan.

Untuk diketahui, video yang memerlihatkan seorang anggota Polantas Polrestabes Semarang melakukan tindakan pungli di unggah di Youtube oleh akun Gaska Pelangi pada Kamis (14/12) lalu. Video berjudul ‘Viralkan, Oknum POLISI Pungli Kembali Beraksi Di Semarang’ berdurasi 3 menit 14 detik tersebut kini telah diputar sekitar 14.048 tayangan serta mendapat tanggapan dari netizen sebanyak 84 komentar. (fen)

You might also like

Comments are closed.