Pabrik Saus Ilegal di Bugangan Baru Empat Bulan Beroperasi

Ribuan botol saus ilegal disita dalam penggerebekan yang dilakukan petugas Polrestabes Semarang, Kamis (26/3) sore. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Ribuan botol saus ilegal disita dalam penggerebekan yang dilakukan petugas Polrestabes Semarang, Kamis (26/3) sore. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

SEMARANG – Polisi menyita ribuan botol saus yang tidak disertai izin resmi dari BPOM dalam penggerebekan pabrik di kawasan Lingkungan Industri Kecil (LIK) Bugangan, Gg VIII, No.302-303, Kec Genuk, Semarang, Kamis (26/3) sore. Pabrik yang dikelola SWT (50) ini baru empat bulan beroperasi dengan wilayah edar Kota Semarang dan sekitarnya.

Menurut Kapolrestabes Semarang Kombes Djihartono mengatakan, pihaknya masih terus melakukan pengembangan untuk memastikan kandungan bahan-bahan yang digunakan pelaku dalam memproduksi saus. “Dari informasi yang bersangkutan, pabrik ini sudah beroperasi selama empat bulan, dengan mempekerjakan tujuh karyawan,” katanya.

Sedangkan bahan-bahan yang digunakan apakah berbahaya atau tidak, pihaknya masih akan melakukan pengembangan. Penggeberekan ini dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat pada 7 Februari sialm.

“Setelah selama sebulan melakukan penyelidikan dan uji sampling, kami memastikan bahwa praktik pembuatan saus ini illegal. Seharusnya di botol saus tersebut dicantumkan nomor izin dari Balai Pom, tetapi tidak disertakan dalam label,” tegasnya.

Dalam penggerebekan ini, polisi menyita 2.808 botol saus tomat, 292 botol saus cabe, 542 ember bahan saos tomat, 2 alat pengisi saus, dan 1 alat pembuka botol. Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 142 junto pasal 91 ayat (1) UU RI No.18 tahun 2012 tentang pangan. (yas)

 

 

You might also like

Comments are closed.