Pakai Knalpot Racing, 26 Pemotor Terjaring Operasi Tematik

METROSEMARANG.COM – Puluhan pengendara sepeda motor berbondong-bondong mendatangi Pos Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang, Simpang Lima, Senin (20/11). Mereka diminta mengganti kenalpot variasi atau brong setelah kendaraannya terjaring operasi tematik.

Sejumlah kenalpot variasi yang disita di Pos Lalu Lintas Simpang Lima. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Puluhan motor ini disita dari hasil operasi yang dilakukan pada Sabtu (18/11) malam kemarin. Ini nanti setelah diganti sesuai standar boleh mereka bawa lagi namun tetap ada penindakan berupa tilangan,” ujar Kanit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Polrestabes Semarang, AKP Ryke Rima Dila.

Ada sebanyak 26 kendaraan yang terjaring dalam hari pertama operasi, Sabtu (18/11) lalu. Kegiatan tersebut merupakan operasi tematik yang digelar setiap bulan sekali oleh Satlantas Polrestabes Semarang.

“Bulan ini kami menyasar untuk pengendara yang memakai kenalpot brong. Di bulan sebelumnya menyasar kami para pengguna lampu strobo,” imbuh Ryke.

Dia menambahkan, operasi tematik yang menyasar knalpot brong ini dilaksanakan mulai 18 November-1 Desember mendatang. Selain di tengah kota, operasi juga akan dilakukan di daerah-daerah pinggiran.

“Ini tujuannya juga untuk menekan angka kecelakaan. Memang efek dari kenalpot brong ini tidak secara langsung bisa mengakibatkan kecelakaan, tapi dengan kenalpot ini sistem pembakaran pada kendaraan jadi tidak sempurna. Selain itu suara bisingnya juga mengganggu pengendara lain,” pungkas Ryke. (fen)

You might also like

Comments are closed.