Pantau Arus Balik, Menteri Jonan Sambangi Penumpang Kereta di Semarang

METROSEMARANG.COM – Menjelang berakhirnya arus balik Lebaran 1437 Hijriyah, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan meninjau langsung keamanan para penumpang kereta api di Stasiun Semarang Poncol, Selasa (12/7) sore.

Kedatangan Jonan di lorong ruang tunggu kereta, sempat membuat sejumlah penumpang terkejut. Jonan mula-mula mendatangi satu persatu penumpang yang membawa barang bawaan cukup banyak di situ.

Menteri Jonan memantau arus balik di Stasiun Semarang Poncol, Senin (12/7). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Menteri Jonan memantau arus balik di Stasiun Semarang Poncol, Senin (12/7). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Selain memantau penumpang, Jonan juga mengecek kebersihan stasiun hingga proses pengamanan arus balik yang dilakukan Brimob bersenjata lengkap.

Ia bilang secara umum kondisi keamanan penumpang kereta di Poncol relatif kondusif. “Ini stasiun kelas ekonomi. Dan saya cek sendiri tidak ada masalah apapun. Keamanannya kondusif,” katanya di hadapan awak media.

Satu hal yang ia amati langsung yakni soal sirkulasi penumpang kereta yang hilir mudik di Stasiun Poncol.

Ia menyebut “Penumpangnya kebanyakan lokalan bukan mudik. Mereka kalau di sini pasti buat main aja mau pergi ke Purwokerto, Tegal pulang pergi dari Semarang,” ungkap Jonan.

“Saat ini masih aman-aman saja. Tapi tanggal 18 pekan depan saya akan evaluasi arus mudik,” terangnya.

Selain di Stasiun Poncol, Jonan lalu bertolak ke Bandara Internasional Ahmad Yani dan mampir ke Terminal Terboyo yang berada di ujung timur Semarang. Ia terpantau hanya ditemani beberapa petugas Kemenhub selama sidak arus balik di Semarang. (far)

You might also like

Comments are closed.