Pasar Johar Segera Dibangun, Bantuan Pusat Belum Turun

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang mulai khawatir atas belum cairnya bantuan yang dijanjikan pemerintah pusat untuk revitalisasi tahap pertama Pasar Johar pasca terbakar. Sebelumnya pemerintah pusat telah menjanjikan akan memberikan bantuan sebesar Rp 100 miliar.

Pedagang Pasar Johar pasca kebakaran pada 9 Mei 2015. Bangunan baru Pasar Johar akan mulai dikerjakan April 2017. Foto: metrosemarang.com/dok

Sekretaris Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, M Irwansyah mengatakan, bahwa bantuan pemerintah pusat yang dijanjikan tidak kunjung cair. Padahal revitalisasi tahap pertama berupa penguatan bangunan cagar budaya di Pasar Johar akan dimasukkan dalam lelang pada bulan ini.

Kemudian bulan depan, diharapkan pengerjaan tahap pertama sudah dimulai dan ditarget selesai tahun ini. Sementara ini, Pemkot hanya akan mengandalkan dari anggaran sendiri sebesar Rp 50 miliar untuk penguatan bangunan cagar budaya.

”Kami pernah dijanjikan mendapatkan bantuan Rp 100 miliar untuk penguatan bangunan cagar budaya Pasar Johar. Namun, hingga kini tidak ada kejelasan. Kemungkinan belum mendapatkan persetujuan dari Kementerian Keuangan,” kata M Irwansyah, Selasa (18/4).

Pengerjaan penguatan bangunan cagar budaya sendiri, meliputi pembuatan penyangga tiang-tiang bangunan yang masih ada pasca terbakar dengan menggunakan besi baja. Hal itu dilakukan agar bangunan cagar budaya tidak rusak saat pembangunan bangunan baru di sisi selatan bangunan lama.

”Pemasangan beberapa tiang pancang di bangunan baru akan membuat bangunan di sekitarnya ikut bergetar,” katanya.

Jika kemungkinan buruk terjadi, yakni anggaran dari pusat tidak cair, pihaknya menyatakan maka akan memaksimalkan anggaran yang sudah dialokasikan oleh pemkot Rp 50 miliar tersebut. (duh)

You might also like

Comments are closed.