Pasar Johar Terbakar, Ini Tanggapan Soemarmo

Soemarmo berharap Pemerintah Kota Semarang secepatnya mencarikan lokasi baru untuk pedagang Pasar Johar. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Soemarmo berharap Pemerintah Kota Semarang secepatnya mencarikan lokasi baru untuk pedagang Pasar Johar. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Insiden terbakarnya Pasar Johar Semarang menyita simpati dari berbegai pihak, termasuk tokoh masyarakat Semarang, Soemarmo HS. Mendengar terjadinya kebakaran pada Sabtu (9/5) malam, dirinya langsung bergerak.

“Kami Minggu (10/5) sore tadi sekitar pukul 15.00 memberikan bantuan kepada pedagang dan relawan Pasar Johar yang masih di sana. Kami berharap bisa membantu sedikit,” kata Soemarmo ketika ditemui di kediamannya, Minggu malam.

Menurutnya, relokasi sementara sangat diperlukan para pedagang agar tetap menyambung hidup. “Pemerintah Kota Semarang harus segera mencarikan lokasi berjualan sementara yang dekat dengan Pasar Johar,” usulnya.

Selain itu, lanjut dia, kriteria yang mutlak untuk tempat relokasi adalah tempat yang mampu menampung pedagang yang jumlahnya tidak sedikit itu.

Sebelumnya, Soemarmo mengatakan kesedihannya mendengar terbakarnya pasar tradisional yang menjadi ikon sekaligus cagar budaya Kota Semarang. “Kalaupun direnovasi, haruslah tidak mengubah bentuk aslinya agar nilai cagar budayanya tetap terjaga. Bagaimanapun, Pasar Johar adalah ikon Semarang, bahkan Jawa Tengah,” pungkasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.