Pasar Waru Mulai Dibangun, Ditarget Rampung Desember

METROSEMARANG.COM – Pasar Waru di Kaligawe Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, mulai dibangun setelah terbakar November 2016 lalu. Saat ini progres pembangunan tersebut telah mencapai 7% dari rencana awal 4,5% dan ditarget selesai 29 Desember mendatang.

Kepala Dinas Perdagangan Fajar Purwoto bersama staf meninjau pembangunan Pasar Waru, Senin (28/8). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, waktu pekerjaan Pasar Waru selama 150 hari sesuai kontrak. Luas pembangunan pasar ini sekitar 3.600 m2 yang akan dibuat menjadi 70 kios, 511 los, dan 170 lapak untuk pedagang pancaan di lantai 2.

”Jadi progresnya sudah 7% sesuai dengan target per hari kemarin, karena lokasi pasar harus diurug tanah supaya (tingginya) sama dengan bangunan baru yang sudah ada di sampingnya,” kata Fajar Purwoto, saat meninjau pembangunan Pasar Waru, Senin (28/8).

Menurutnya, pasar akan dibangun menjadi dua lantai, dengan lantai atas akan digunakan untuk musala, ruang kepala pasar, dan sisanya pedagang pancaan. Pedagang pancaan sengaja ditempatkan di lantai 2 karena berdagangnya hanya pada malam hari dan paginya sudah selesai.

Nantinya, kata Fajar, Pasar Waru yang baru diprioritaskan untuk korban kebakaran yang jumlahnya mencapai 517 pedagang. Dimana saat ini masih menempati relokasi sementara di depan pasar. Kalau masih ada sisa tempat, baru pedagang di belakang Jembatan Kaligawe akan diminta masuk.

”Karena kapasitas pasar baru total bisa mencapai 684 pedagang, sedangkan pedagang di Jembatan Kaligawe juga akan kami tertibkan,” ujarnya.

Diharapkan, pembangunan pasar ini bisa selesai tepat waktu, sehingga awal Januari pedagang bisa masuk dan diresmikan oleh Wali Kota Semarang. ”Begitu pasar jadi, langsung nanti pedagang kami berikan sosialisasi (penempatan),” tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.