Pasokan Lancar, Harga Bawang Putih Berangsur Turun

METROSEMARANG.COM – Harga bawang putih impor semua jenis berangsur turun setelah para petani menggelar panen raya di sejumlah sentra penghasil bawang di Jawa Tengah.

Harga bawang putih berangsur turun setelah pasokan dari petani kembali normal. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Nur Histya, seorang penjaga gudang bawang ‘Haji Sulardi’ di kompleks Pasar Johar MAJT mengatakan, harga bawang putih impor basah yang dipasok dari Gunan Cina kini mulai normal.

Ia menyebut harga bawang putih basah hanya kisaran Rp 16 Ribu per kilogram.

“Harganya stabil. Kemungkinan malah turun banyak lagi. Sebab pasokannya sudah lancar. Banyak yang panen jadi harganya sudah normal,” kata Nur kepada metrosemarang.com, Selasa pagi (4/7).

Menurutnya dalam sehari dirinya rata-rata mendapat pasokan bawang putih sebanyak 16 ton. Meski jumlah pasokannya tetap sama dengan hari sebelum sebelum Lebaran, tetapi ia memastikan distribusi barangnya semakin lancar.

Bawang putih dagangannya biasanya didrop ke pasar-pasar yang ada di Kudus, Comal Pemalang, Boja Kendal dan sisanya dikirim ke Wonosobo.

“Sementara untuk bawang putih kating saat ini masih kosong. Harganya juga turun banyak jadi Rp 35 Ribu dari semula Rp 50 Ribu. Semua petani memang lagi panen bawang, makanya barangnya segar dan banyak yang masih daun muda,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.