Pasokan Seret, Harga Udang Nyaris Sentuh Rp 100 Ribu

METROSEMARANG.COM – Kelangkaan pasokan ditambah beban operasional nelayan yang kian menumpuk telah memicu lonjakan harga ikan laut di Semarang.

Harga udang di Semarang melambung karena pasokan menipis. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Para pedagang ikan laut di kampung nelayan Tambaklorok, Semarang Utara bahkan menyebut harga udang kini meroket naik mulai Rp 40 Ribu per kilogram hingga Rp 90 Ribu per kilogram.

“Udang petelur yang semula hanya Rp 65 Ribu-Rp 70 Ribu, sekarang jadi Rp 90 Ribu. Ada juga udang kecil-kecil sekarang juga naik sampai Rp 40 Ribu per kilogram,” ungkap Musni, seorang pedagang ikan di Tambaklorok kepada metrosemarang.com, Jumat pagi (14/7l).

Tak hanya itu saja, katanya. Harga kepiting juga ikut melambung tinggi. Kini harganya berada pada kisaran Rp 70 Ribu-Rp 100 Ribu per kilogram. Cumi-cumi mulai naik jadi Rp 40 Ribu per kilogram, kerang hijau Rp 8 Ribu per kilogram dan kerang putih Rp 15 Ribu per kilogram.

Ia yang tinggal di RT 08/XII Kampung Tambak Mulyo tersebut mengatakan, pasokan yang diperoleh dari nelayan kini sangat sedikit. Ia bilang hasil tangkapan nelayan kini tidak menentu.

Terlebih lagi, kata Musni harga solar yang dijual di stasiun pengisian bahan bakar nelayan wilayah Tambaklorok juga bertambah mahal.

“Ketimbang merugi, banyak nelayan yang memilih tidak melaut,” ungkapnya. Ia sendiri saban hanya dapat pasokan 4 kilogram.

Ia mengaku tak tahu sampai kapan harga ikan laut berangsur normal. Sebab cuaca yang tak menentu membuat tangkapan nelayan menurun.

Hal serupa juga diungkapkan Rubianti, seorang pedagang lainnya di TPI Tambaklorok. Ia mengatakan semua harga ikan laut semakin mahal.

Harga bandeng naik Rp 20 Ribu dari semula Rp 18 Ribu. Ikan tigowojo jadi Rp 15 Ribu dan harga ikan kakap merah menyentuh Rp 40 Ribu.

“Mahal semua sekarang. Karena pasokannya enggak ada. Kalau pun ada pasti rebutan sama pedagang lainnya,” sahut Surip pedagang lainnya seraya menambahkan lonjakan harganya sudah terjadi sejak sepekan terakhir. (far)

You might also like

Comments are closed.