Pasokan Tersendat, Ganjar Minta Pertamina Bangun Bungker BBM Karimunjawa

METROSEMARANG.COM – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada PT Pertamina supaya segera membangun tempat penyimpanan BBM untuk menyikapi kelangkaan pasokan yang terjadi di Pulau Karimunjawa, Jepara.

Pasokan BBM ke Karimunjawa terkendala cuaca ekstrem. Foto: metrosemarang.com/dok

Ganjar melihat pasokan BBM menuju Karimunjawa kerap telat lantaran terkena imbas anomali cuaca yang sangat ekstrem.

“Saya nggak tahu itu, soal teknisnya biar Pertamina yang menghitung. Tapi ya itu jangka panjangnya harus ada bungker,” ujar Ganjar, Rabu (31/1).

Usulan pembuatan bungker BBM sudah ia lakukan dua hari lalu. Hal ini juga mengingat kondisi cuaca yang tidak menentu sedang stok BBM di Karimunjawa saat ini sudah habis.

Pembuatan bungker BBM, menurutnya menjadi opsi bagus supaya pasokan bahan bakar di Karimunjawa tetap lancar dan terkendali.

Ganjar memastikan pengiriman stok BBM saat ini segera dilakukan sembari menunggu informasi cuaca dari BMKG. “Sudah dikoordinasikan dengan Pertamina, besok dipastikan sudah dikirim. Ini sudah proses pengiriman, mestinya hari ini, tapi karena menurut BMKG cuaca di perairan Karimunjawa tidak mendukung, sehingga besok baru bisa dikirim. Mudah-mudahan besok cuacanya bagus,” tandasnya.

Seperti diketahui, cuaca buruk membuat aktivitas laut di perairan Jepara menurun. Hal ini mengakibatkan tersendatnya pengiriman BBM ke Pulau Karimunjawa. Selain itu, nelayan pun tak berani melaut karena gelombang tinggi mencapai sekitar 2 meter dengan kecepatan 10-20 knot. (far)

You might also like

Comments are closed.