Pasokan Tersendat, Harga Cabai di Pasar Johar Tembus Rp 60 Ribu

image
Hartini, salah seorang pedagang cabai di Pasar Johar. Foto Metrosemarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Kemarau panjang yang terjadi di Jawa Tengah, ternyata berdampak terhadap harga beberapa bahan pangan di pasaran. Kali ini para pedagang yang biasa berjualan di Pasar Johar Semarang menyebut harga cabai merah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Sejak beberapa minggu terakhir, harga cabai di sini rata-rata mencapai Rp 60 ribu,” tutur Hartini, seorang pedagang cabai di Pasar Johar, Minggu (16/11).

Ia mengungkapkan, saat ini harga cabai rawit merah naik di kisaran Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu per kilogram. Untuk harga cabai rawit hijau Rp 45 ribu per kilogram, sedangkan cabai merah besar juga  naik sampai Rp 40 ribu per kilogram. Padahal, seperti yang diketahui harga normal cabai hanya sekitar Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per kilogram.

Menurut Hartini, naiknya harga cabai di pasaran, diakibatkan karena pasokan yang didapatkan dari sentra penghasil cabai merosot drastis karena beberapa petani cabai gagal panen di musim kemarau.

“Pasokannya terganggu, Mas. Biasanya kami dapat kiriman cabai dari Bandungan, Temanggung dan Demak. Tapi sekarang sama sekali tidak ada barangnya,” imbuh wanita berusia 55 tahun tersebut.

Hal senada juga diungkapkan seorang pedagang lain, Santoso (28), yang mengaku, harus mengakali minimnya pasokan cabai dengan mencari stok hingga ke Jember Jawa Timur. “Karena petani di Demak tidak panen, maka harus mencari ke Jember. Bahkan kalau perlu saya ambil ke Nusa Tenggara Barat,” ujar Santoso.

Santoso juga mengatakan, naiknya harga cabai membuat mayoritas pedagang kecil dan pengusaha restoran kaget. “Biasanya Rp 10 ribu dapat sekilo. Sekarang naik lima kali lipatnya. Ini kenaikkan yang cukup terasa selain dulu sampai Rp 100 ribu,” imbuh Santoso.

Meski demikian, Santoso menjelaskan, kenaikan harga cabai tidak akan terlalu lama. Hal ini karena mulai pertengahan November 2014 para petani sudah mulai menanam cabai lagi. Sehingga harganya diperkirakan kembali stabil pada awal Desember. (yas)

You might also like

Comments are closed.