Pastikan Tak Ada Masalah, Hendi Bagikan Langsung e-KTP ke Warga

METROSEMARANG.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Semarang membagikan langsung 20.000 e-KTP ke rumah-rumah warga. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga ikut berkesempatan mengantarkan e-KTP ke warga di Rusunawa Kaligawe sebanyak 156 keping e-KTP, Kamis (18/1).

Wali Kota Hendrar Prihadi menyerahkan e-KTP kepada warga, Kamis (18/1). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Hendi, sapaan karib wali kota mengatakan, distribusi e-KTP sempat jadi persoalan pelik di kota-kota di Indonesia termasuk Kota Semarang. Dengan alasan blanko habis, rekam data kurang cepat, dan lain sebagainya.

‘’Tapi hari ini saya bersama Kepala Dispendukcapil masuk (membagian e-KTP) ke wrga-warga yang sudah rekam data dan e-KTP-nya sudah jadi (tercetak),’’ ujarnya.

Ada sebanyak 20.000 lebih e-KTP perekaman dari tahun 2016 sampai 2017 awal yang dibagikan langsung ke warga. Dispendukcapil juga berkomitmen tidak akan ada lagi persoalan mengenai e-KTP bagi warga Semarang.

‘’Termasuk bagi yang belum punya Pemkot setelah ini akan memberikan pelayanan begitu perekaman data 4 hari langsung sudah bisa jadi e-KTP-nya,’’ kata Hendi.

Pola distribusi e-KTP yang sudah jadi akan diberikan kepada camat kemudian lurah supaya langsung jemput bola atau ketemu dengan warga dan memberikan e-KTP yang sudah jadi. Ke depan distribusi akan lebih cepat dengan pola pembenahan manajemen yang dilakukan Dispendukcapil ini.

‘’Kami akan terus memantau, kami juga perlu laporan dari masyarakat apabila ada hal-hal yang jadi kendala pada saat pengurusan e-KTP. Intinya pelayanan kami adalah gratis, kemudian secepat-cepatnya, tidak ada biaya-biaya yang di luar ditentukan,’’ tegasnya.

Ditegaskan, jika warga menemukan di lapangan masih ada oknum-oknum yang meminta bayaran uang dengan janji bisa mengurus e-KTP lebih cepat harus dilaporkan. Pasti akan segera ditindaklanjuti sesuai ketentuan. (duh)

You might also like

Comments are closed.