PBB Lengkapi Berkas, 14 Parpol Lolos Pendaftaran Pemilu 2019

METROSEMARANG.COM – Partai Bulan Bintang (PBB) akhirnya melengkapi berkas pendaftaran sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Semarang. Kelengkapan berkas partai besutan pengacara tersohor Yusril Ihza Mahendra tersebut, diberikan melalui utusan partai serta mengonfirmasi langsung kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ilustrasi

“Setelah diberi tenggat waktu 1×24 jam, ada satu partai yakni PBB yang dinyatakan melengkapi syarat-syarat sebagai peserta Pemilu 2019. Utusan PBB datang ke kantor kami dengan membawa kelengkapan berkas. Pimpinan partai dari Jakarta juga sudah mengontak langsung kepada kami,” ungkap Henry Wahyono, Ketua KPU Kota Semarang, kepada metrosemarang.com, Rabu (18/10).

Henry menyatakan selain PBB, sebenarnya ada pengurus PKP Indonesia yang kembali datang ke kantornya untuk melengkapi berkas.

Namun sayangnya, setelah dicek ulang lagi, pengurus PKP Indonesia tidak mampu menunjukkan jumlah KTA anggotanya yang disyaratkan minimal 1.000 lembar.

Alhasil, kata Henry, PKP Indonesia dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019. “Berkas-berkasnya mereka masih kurang. Jadinya enggak lolos dalam tahapan pendaftaran peserta Pemilu. Hal serupa juga terjadi pada Hanura dan Partai Idaman,” ujar Henry lagi.

Lebih jauh, Henry menambahkan untuk saat ini proses pendaftaran peserta Pemilu 2019 telah berakhir. Hingga pukul 00.00 WIB dini hari tadi, jumlah parpol yang dinyatakan lolos pendaftaran ada sebanyak 14 parpol.

Keempat belas parpol yang ia maksud antara lain, Perindo, PSI, PKS, NasDem, Gerindra, Golkar, PAN, PPP, Berkarya, PDIP, Garuda, Demokrat, PKB dan PBB.

Dalam waktu dekat KPU Kota Semarang akan mengagendakan verifikasi administrasi sebagai peserta Pemilu 2019. Henry berharap, 14 petinggi parpol dapat hadir dalam verifikasi tersebut.

“Itu penting karena berkaitan dengan keabsahan struktural partai dan lain sebagainya,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.