PDAM akan Tambah Pasokan Air Baku dari Kaligarang

Penandatanganan 'Komitmen Bergerak Bersama, Lestarikan Kaligarang' di kantor PDAM Tirta Moedal, Kamis (28/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Penandatanganan ‘Komitmen Bergerak Bersama, Lestarikan Kaligarang’ di kantor PDAM Tirta Moedal, Kamis (28/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Kaligarang merupakan sungai yang sangat penting bagi warga Semarang. Kaligarang berkontribusi sebanyak 40 persen kebutuhan air yang dikelola PDAM Tirta Moedal Semarang untuk didistribusikan ke sekitar 100.000 sambungan.

Sumber dari air permukaan Kaligarang saat ini mencapai 1.200 liter per detik. Pihak PDAM pun kini sedang merencanakan untuk menambah pasokan air baku dari Kaligarang mencapai 1.300 liter per detik.

Karena vitalnya sungai tersebut, PDAM Tirta Moedal Semarang ingin menjaga dan berkomitmen melestarikan Kaligarang. “Saat ini kualitasnya memang sudah baik, namun jika tidak dirawat, pasti akan menurun kualitasnya,” ujar Direktur PDAM Tirta Moedal Semarang, Etty Laksmiwati, Kamis (28/5) pagi.

PDAM juga mengajak stake holder Kaligarang untuk menandatangani kesepakatan ‘Komitmen Bergerak Bersama, Lestarikan Kaligarang’ sebagai wujud kepedulian untuk senantiasa menjaga sumber air andalan Kota Semarang ini.

“Kesepakatan ini dampaknya bukan hanya untuk perusahaan terkait, tetapi juga untuk masyarakat secara umum. Kami juga selalu meminta masyarakat daerah aliran sungai untuk menjaga kebersihan sungai,” papar Etty. (ade)

You might also like

Comments are closed.