Pedagang Pasar Yaik akan Direlokasi ke MAJT

METROSEMARANG.COM – Dinas Pasar Kota Semarang sedang menyiapkan relokasi pedagang Pasar Yaik. Langkah ini sebagai persiapan pembangunan Pasar Johar paska terbakar.

pasar yaik semarang
Pedagang Pasar Yaik akan direlokasi ke kawasan MAJT. Foto: metrosemarang.com/dok

Relokasi rencananya di lahan milik Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), berdampingan dengan pedagang korban kebakaran Pasar Johar. Pembangunan tempat relokasi ini sudah akan dimulai di tahun 2017.

‘’Tinggal menyusun MoU dengan Nadhir MAJT dilanjutkan kerjasama sewa menyewa lahan,’’ kata Kabid Perencanaan dan Pembangunan Dinas Pasar Kota Semarang, Nurkholis, Senin (5/12).

Detail Enggineering Design (DED) pembangunan tempat relokasi juga sudah disusun. Serta kajian appraisal untuk dasar pembayaran sewa lahan. Pembangunan siap dilakukan di 2017 karena alokasi anggarannya juga sudah disiapkan.

Setelah selesai dibangun, nantinya seluruh pedagang yang saat ini masih ada di Johar harus pindah ke tempat relokasi. Ditegaskan mencukupi karena luas lahan tempat relokasi ini mencapai 4 hektare.

‘’Di akhir 2017 diharapkan sudah pindah semua sehingga nanti pembangunan Pasar Johar sudah tidak terkendala lagi oleh adanya pedagang,’’ kata Nurkholis.

Pedagang yang masih berada di Johar sendiri disebutkan hanya tinggal 40 persen, dari total jumlah pedagang Pasar Johar sekitar 7.000 pedagang.

Setelah pedagang semua pindah, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) yang diberi amanat membangun Johar akan segera bekerja. Dimulai dari merevitalisasi bangunan konservasi dan berikutnya non konservasi. (duh)

You might also like

Comments are closed.