Pedagang Yaik Tolak Zonasi Dilakukan Dinas Perdagangan

METROSEMARANG.COM – Para pedagang Pasar Yaik Baru menolak Dinas Perdagangan ikut campur dalam penentuan zonasi (penempatan dan posisi) di Relokasi Sementara Pasar Johar di komplek Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Mereka meminta penentuan zonasi dilakukan sendiri oleh pedagang.

Sosialisasi Relokasi Pedagang Pasar Yaik Baru di Relokasi Sementara Pasar Johar komplek MAJT, Kamis (15/3). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Ketua Paguyuban Pedagang dan Jasa (PPJ) Pasar Yaik Baru, Mudasir mengatakan, pihaknya khawatir akan terjadi keributan antar pedagang jika zonasi ditentukan oleh pemerintah.

‘’Kami meminta agar pembagian zonasi pedagang ditentukan kami sendiri. Sebab, kami yang paling mengetahui persis kebutuhan para pedagang,’’ kata Mudasir, saat sosialisasi rencana pemindahan pedagang Pasar Yaik Baru ke Relokasi Sementara Pasar Johar di komplek MAJT, Kamis (15/3).

Kekhawatiran akan terjadi keributan antar pedagang, menurutnya karena meskipun dagangan sama namun kemampuan pedagang berbeda-beda.

‘’Sama-sama jualan konveksi, namun ada yang grosir dan eceran. Kalau dijadikan satu, nanti kasihan pedagang kecil akan mati,’’ tegasnya.

Menurutnya, para pedagang Pasar Yaik juga sudah memiliki organisasi yakni PPJ dan PPJP. Maka urusan pembagian zonasi diharapkan biar diurus oleh internal organisasi sendiri. Sedangkan pemerintah cukup hanya menyediakan tempat pindahnya saja.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto saat memberi sosialisasi mengatakan, pemerintah harus segera memindahkan pedagang Pasar Yaik Baru ke Relokasi Sementara Pasar Johar di komplek MAJT.

Pihaknya berrencana akan mengatur zonasi pedagang selain menyediakan tempat relokasi. Namun karena ada permintaan pedagang untuk mengatur sendiri penentuan zonasi, maka pihaknya menyetujui saja asalkan berjalan sesuai jadwal dan lancar.

‘’Apalagi di sini kan pedagang sendiri yang membangun kiosnya, jadi kami setuju saja terkait zonasi biar mereka sendiri yang mengatur,’’ katanya.

Fajar menegaskan, penentuan zonasi oleh pedagang ini hanya berlaku di tempat relokasi. Sedangkan apabila pedagang nanti sudah kembali ke Pasar Johar Baru penentuan zonasi tetap dilakukan oleh Dinas Perdagangan sesuai Detail Engineering Design (DED).

Pemindahan pedagang Pasar Yaik Baru ke Relokasi Sementara Pasar Johar sendiri harus selesai akhir Maret. Sebab awal April jaringan listrik di Pasar Yaik Baru sudah akan mulai dimatikan untuk pelaksanaan pembangunan Pasar Johar. (duh)

You might also like

Comments are closed.