Pelanggan PDAM Seharusnya Berhak Dapat Kompensasi Kerugian

Ngargono Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Ngargono
Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Sebagai konsumen air dari PDAM Tirta Moedal, ada beberapa hak yang harus dipenuhi oleh penyedia, yaitu adanya jaminan kualitas, kuantitas, kontinyuitas dan kekuatan aliran air.

“Apabila tidak dipenuhi, PDAM harusnya memberikan kompensasi kepada konsumen yang dirugikan,” kata Ketua Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Jawa Tengah, Ngargono, Kamis (28/5) siang.

Dia menyarankan untuk lebih baiknya hak-hak konsumen tersebut dituliskan di balik struk atau kuitansi pembayaran tagihan. Ini dilakukan agar konsumen paham dan tahu apa yang memang menjadi haknya.

Bentuk kompensasi, lanjutnya, bisa mencontoh kepada PLN atau Telkom yang telah memberikan kompensasi jika memang pelayanan yang diberikan kurang sesuai standar.

Yang paling sering menimpa konsumen mengenai pelayanan PDAM adalah tidak mengalirnya air selama berhari-hari. “Seharusnya ada batasan waktu, jika air tidak mengalir sekian lama, maka pelanggan akan mendapatkan kompensasi sekian. Tetapi hal tersebut belum ada,” pungkasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.