Pemain Termahal PSIS Ini Ternyata Punya Kesamaan dengan Branislav Ivanovic

METROSEMARANG.COM – Petar Planic berpeluang menjadi pemain termahal PSIS. Bek berkebangsaan Serbia ini ternyata memiliki kesamaan dengan eks bintang Chelsea, Branislav Ivanovic. Apa saja?

Petar Planic berpeluang jadi pemain termahal PSIS

Planic menyita perhatian fans setia Mahesa Jenar dengan banderol mahal yang melekat pada dirinya. Pemain berusia 28 tersebut konon berharga Rp 7 miliar! 

Namun, berdasarkan data terbaru Transfermarkt, banderol Planic berkisar 248.000 poundsterling atau Rp 4,5 miliar. Angka tersebut jauh di atas Emanuel de Porras, bintang PSIS di musim 2005-2006 yang saat itu ‘cuma’ berbanderol Rp 1,5-2 miliar. 

Harga mahal Planic cukup sebanding dengan kualitas yang dia punya. Setidaknya dari rekaman video yang beredar di YouTube, pemain kelahiran 16 Maret 1989 itu merupakan sosok pemimpin di lini belakang. 

Dengan tinggi 187 centimeter, Planic juga tangguh dalam duel udara dan cukup taktis dalam situasi one on one. Dia juga punya akurasi long pass sangat prima. 

Tipikal permainannya mirip-mirip dengan Branislav Ivanovic, mantan bintang Chelsea yang kini merumput di Zenit St Petersburg. Keduanya juga sama-sama berasal dari Serbia dan bisa memainkan beberapa peran di lini belakang.

Branislav Ivanovic

Ivanovic ketika pertama kali datang ke Chelsea kerap dimainkan sebagai bek tengah bersama John Terry, sebelum akhirnya menjelma menjadi andalan di sisi kanan pertahanan.

Planic pun bisa bermain melebar sebagai bek sayap. Kebetulan mereka juga mengawali karir sepakbola profesional di klub yang sama: OFK Beograd. 

Ivanovic yang kini berusia 34, membela OFK Beograd selama dua musim, 2004-2006 dan mencatat 55 penampilan. Sedangkan Petar Planic datang di tahun 2009, sebelum meninggalkan klub tersebut di tahun 2012 dengan torehan 44 caps.

OFK Beograd bukanlah tim sembarangan. Klub berjuluk Romanticari ini juga melahirkan Aleksandar Kolarov. Sebelum dibeli Lazio, Kolarov sempat berkostum OFK Beograd selama periode 2006-2007. Bek kiri yang saat ini bermain untuk AS Roma itu kemudian moncer bersama Manchester City.

Bagaimana petualangan Petar Planic di Indonesia? Test case pertama bakal dimulai pada Minggu (7/1) ketika PSIS menjamu Arema FC di Stadion Moch Soebroto Magelang. 

Jika mampu melewatinya, Planic pun tinggal melanjutkan negosiasi dengan manajemen Mahesa Jenar. Kalau toh gagal mencapai sepakat, pemain sepertinya tak akan kesulitan mencari klub di Indonesia. 

Planic sudah tiba di Semarang, Jumat (5/1) bersama striker asal Uzbekistan Pavel Purishkin. Keduanya bakal langsung dijajal dalam laga ujicoba di Magelang bersama gelandang Korea, Kim Dong-hyeon. (twy)

Biodata Petar Planic

Nama Petar Planić

Lahir 16 March 1989 (28 tahun)

Kelahiran Kraljevo, SFR Yugoslavia

Tinggi 1.87 m (6 ft 1 1⁄2 in)

Posisi Defender

Karir

2005–2009 Metalac Trgovački 

2009–2012 OFK Beograd 

2012–2013 BSK Borča 

2013–2016 Sloga Petrovac na Mlavi 

2016 Radnik Surdulica 

2016 Nejmeh SC (Lebanon) 

You might also like

Comments are closed.