Pembangunan Pasar Kanjengan Dimulai Pekan Ini

METROSEMARANG.COM – Pembangunan Pasar Kanjengan segera dimulai karena sudah ada pemenang lelang. Senin (16/10), Dinas Perdagangan Kota Semarang melakukan rapat koordinasi bersama TP4D (Tim Pengawalan, Pengamanan, Pengamanan Pemerintahan, Pembangunan dan Daerah), pengawas, perencana, dan kontraktor pelaksana di kantornya.

Pembangunan Pasar Kanjengan dimulai pekan ini dengan pengawasan langsung dari TP4D. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, pemenang lelang yang akan melakukan pembangunan PT Surya Cerah Sejahtera (SCS). Rapat koordinasi dilakukan untuk mempertemukan dan mendiskusikan bersama terkait rencana pembangunan tersebut.

‘’Selama ini belum dipertemukan sehingga terjadi banyak diskusi, membuktikan pembangunan pasar ini tidak ada rekayasa apapun,’’ katanya.

Setelah rapat, hari Rabu (18/10) semuanya akan meninjau lokasi pembangunan di blok D. Setelah ada jaminan pelaksanaan dari kontraktor, pihaknya akan memberikan Surat Perintah Kerja (SPK) ke kontraktor. Rabu atau Kamis nanti SPK akan keluar sehingga pembangunan bisa berjalan lancar.

‘’Karena pemenang lelang sudah siap dengan peralatan dan meterial, diharapkan dengan waktu 60 hari yang disedikan bisa selesai,’’ ujarnya.

Terkait aspek sosial pedagang yang masih ada di lokasi pembangunan, pihaknya akan melakukan sosialisasi Selasa (17/10) pagi besok. Targetnya Jumat (20/10) sudah tidak ada pedagang baik di blok D maupun blok C.

Fajar mengatakan, dirinya juga sudah melaporkan ke wali kota, Desember seluruh kawasan Johar harus sudah kosong dari pedagang, termasuk di Pasar Yaik Baru. Hal ini karena untuk dilakukan percepatan pembangunan Pasar Johar, karena tahun 2020 Pasar Johar baru harus sudah jadi semua.

‘’Tahap pertama 2 lantai, dengan pemasangan borpile sampai 60 meter. Tidak ada kendala hanya konsultan perencana dan kontraktor pelaksana masih butuh koordinasi,’’ katanya.

Untuk groundbreaking pembangunan rencana dilaksanakan pada hari Kamis pekan ini. Dan Wali Kota Semarang nanti diharapkan dapat mencanangkan pembangunan Pasar Kanjengan tersebut.

Terkait permintaan waktu pekerjaan mundur karena 60 hari dinilai terlalu mepet, Fajar menegaskan akan mengkonsultasikannya dengan TP4D. Arahan dari TP4D tersebut yang akan ditindaklanjuti dalam pelaksanaan pembangunan Pasar Kanjengan. (duh)

You might also like

Comments are closed.