Pembangunan Sejuta Rumah Dimulai Maret

house-in-hand
Ilustrasi

 

SEMARANG – Pencanangan tiang perdana (ground breaking) untuk program sejuta rumah yang digulirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan dilaksanakan Maret 2015 mendatang. DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah mendorong para anggota yang juga pengembang perumahan itu untuk menyiapkan lahan.

”Kami sudah menghimpun anggota REI Jateng, bagi yang siap bisa segera menyiapkan lahan. Sehingga kami bisa mengkalkulasi berapa rumah yang bisa dibangun dan dimana saja lokasinya,” ungkap Ketua REI Jateng MR Prijanto.

Tak hanya menggerakkan anggotanya, REI juga merangkul sejumlah bank untuk mengurus pembiayaan perumahan. Kemudian, mengadakan forum dengan Kanwil Pajak terkait masalah perpajakan, Dinas Pertanahan dan pihak-pihak terkait lainnya.

”Kami berharap mendekati ground breaking pada Maret mendatang, sejumlah peraturan maupun kebijakan yang mempermudah baik masyarakat maupun pengembang juga segera dikeluarkan oleh Pemerintah,” kata Prijanto.

Perizinan itu terkait sertifikat tanah yang bisa lebih dipermudah, kemudian kepastian harga untuk rumah FLPP, serta bunga KPR yang semula 7,25% dan diharapkan bisa lebih turun agar terjangkau oleh daya beli masyarakat yang membutuhkan rumah.

Prijanto menjelaskan, untuk Jawa Tengah sendiri hingga saat ini masih membutuhkan setidaknya 1.400.000 unit rumah. Kebutuhan tersebut tersebar di tiap kabupaten/kota dengan jumlah yang berbeda. Sedangkan REI Jateng sejauh ini hanya mampu memberikan kontribusi hingga 10 ribu unit rumah.

”Tahun ini target kami dapat membangun sebanyak 8.200 rumah. Padahal, ke depan kebutuhan rumah akan terus bertambah dan REI akan sulit mengejar kekurangan tersebut. Oleh karena itu, kami juga akan menarik lebih banyak pengembang,” jelasnya.

REI Jateng menghimbau setiap anggota yang masuk ke dalam organisasi tersebut, harus memahami peraturan-peraturan yang berlaku dalam mengembangkan dan membangun suatu daerah. Khususnya untuk masalah lingkungan. ”Maka itu, pembekalan bagi pengembang baru sangat penting. Sehingga mereka tidak asal membangun rumah,” tandasnya. (MS-16)

activate javascript

You might also like

Comments are closed.