Pembangunan Tahap Pertama Pasar Johar Segera Dilelang

METROSEMARANG.COM – Dinas Penataan Ruang Kota Semarang menyatakan tahap pertama pembangunan Pasar Johar segera dilaksanakan. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan dokumen lelang pekerjaan pembangunan tersebut dengan anggaran Rp 50 miliar.

Pembangunan Pasar Johar akhirnya disepakati hanya 4 lantai. Foto: metrosemarang.com/dok

”Tahap pertama ini meliputi penguatan bangunan cagar budaya di bangunan Pasar Johar yang terbakar dengan anggaran sebesar Rp 50 miliar,” kata Sekretaris Dinas Penataan Ruang Kota Semarang, Irwansyah, Senin (17/4).

Ia mengatakan, sesuai Detail Engineering Desain (DED) yang baru pembangunan Pasar Johar akan dilakukan menjadi 4 lantai dari sebelumnya 6 lantai. Alun-alun yang sebelumnya digunakan pedagang Pasar Yaik akan dikembalikan fungsinya menjadi ruang terbuka hijau.

”Bagian bawah alun-alun akan digunakan sebagai basement untuk parkir kendaraan, sedangkan di atasnya dapat digunakan untuk aktifitas warga,” ujarnya.

Sesuai dengan DED tersebut, lanjutnya, pembagunan Pasar Johar juga nantinya akan memiliki kapasitas 8.000 pedagang. Sekitar 3.500 pedagang nantinya akan ditempatkan di Pasar Johar lama dan yang 4.500 lainnya di Pasar Johar baru.

Ia menegaskan, dalam pembangunan Pasar Johar ini tidak ada pihak ketiga. Seluruh anggaran pembangunannya yang dibutuhkan sebesar Rp 785 miliar dibiayai dengan anggaran pemerintah. Dengan rincian sebesar Rp 400 miliar untuk pembangunan cagar budaya dan sisanya untuk pembangunan Pasar Johar baru. (duh)

You might also like

Comments are closed.