Pembangunan Terminal Cangkiran Habiskan Rp 4,3 Miliar

METROSEMARANG.COM – Komisi C DPRD Kota Semarang mengapresiasi pembangunan Terminal Cangkiran di Kecamatan Mijen berjalan sesuai rencana. Realisasi pembangunan terminal tipe C ini sudah mencapai 16 persen.

Komisi C saat sidak di Terminal Cangkiran Kecamatan Mijen yang sedang dibangun, Senin (21/8). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Pemerintah Kota Semarang membangun Terminal Cangkiran karena akan diperluas. Tahap pertama tahun ini membangun terminal yang sudah ada menjadi lebih baik. Sedangkan tahap berikutnya tahun depan akan menambah area terminal dari 1.500 m2 menjadi 3.000 m2.

“Kami mengapresiasi kontraktor yang melaksanakan pekerjannya dengan baik. Kami berharap pembangunan terminal ini bisa selesai sesuai rencana pada 7 Desember,” kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Kadarlusman, saat memimpin sidak pelaksanaan pembangunan terminal bersama rombongan, Senin (21/8).

Selain Komisi C, rombongan sidak ini juga diikuti oleh dinas terkait di antaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Tata Ruang, pihak kecamatan dan lainnya.

Kadarlusman menjelaskan, Pemkot Semarang mengembangkan Terminal Cangkiran karena terminal tipe A yaitu Terminal Mangkang sudah diambil alih pengelolaannya oleh pemerintah pusat. Kemudian terminal tipe B yaitu Terminal Panggaron juga diambil alih Pemerintah Provinsi Jateng.

“Sehingga Pemkot hanya mengelola terminal tipe C, maka itu terminal Cangkiran dikembangkan lebih luas,” katanya.

Dengan dibangun kembali dan dikembangkan lebih luas, diharapkan terminal Cangkiran yang berada di daerah pinggiran lebih representatif. Sekaligus meningkatkan layanan transportasi Pemerintah Kota Semarang.

Pelaksana pembangunan dari PT Galatama dan Cakra (KSO), Krisnanto mengatakan, pembangunan terminal dimulai pada 10 Juli dan ditargetkan akan selesai pada 7 Desember. Saat ini realisasi pembangunan sudah mencapai 16 persen dari target 9 persen.

Sedangkan nilai kontrak pekerjaan sebesar Rp 4,235 miliar. “Kami optimis selesai sesuai target karena tidak ada kendala apapun,” katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.