Pembebasan Lahan Underpass Jatingaleh Selesai Tahun Ini

image

SEMARANG – Dinas Bina Marga Kota Semarang optimistis pembebasan lahan proyek underpass Jatingaleh bisa selesai tahun ini. Tim pelaksana pembebasan lahan saat ini masih melakukan inventarisasi data bidang milik warga yang terkena dampak proyek.

‘’Dari hasil rapat terakhir tim pelaksana, yang sebelumnya bernama P2T (Panitia Pengadaan Tanah), hari ini sudah kita lakukan pengukuran inventarisir data,’’ kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembebasan lahan underpass Jatingaleh, Sukardi, Rabu (15/10/2014).

Diketahui, proses pembebasan lahan underpass ini sempat mandek sebab ada perubahan Peraturan Presiden tentang pengadaan lahan. Hal itu juga yang mendasari perubahan penanganan pembebasan lahan yang sebelumnya dilakukan P2T berubah menjadi Tim pelaksanaan.

‘’Tim pelaksana ini terdiri dari unsur BPN (Badan Pertanahan Nasional), bagian hukum, kelurahan, kecamatan, dan Dinas Bina Marga,’’ terangnya.

Setelah Tim pelaksana ini selesai melakukan pengukuran bidang lahan, lanjut Sukardi, maka akan dilakukan kontraktual dengan tim appraisal atau tim tafsir harga tanah.

‘’Dalam pengukuran bidang perlu persetujuan dari masyarakat, setelah muncul peta bidang, kemudian tim appraisal melakukan tafsiran harga. Mudah-mudahan pertengahan Desember sudah dapat dilakukan pembayaran,’’ tegasnya. (MS-13)

You might also like

Comments are closed.