Pembebasan Lahan untuk Jalan Lingkar Semarang Tetap Dilanjutkan

METROSEMARANG.COM – Rencana pembangunan Semarang Outer Ring Road (SORR) atau Jalan Lingkar Luar Semarang kini sedang dikaji untuk diubah menjadi pembangunan jalan tol.

Ilustrasi. Pembebasan lahan untuk proyek SORR tetap dilanjutkan. Foto: metrosemarang.com/dok

Namun Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Semarang memastikan pembayaran pembebasan lahan untuk SORR selatan (Mangkang-Mijen) siap dilanjutkan. Dengan kesiapan dana dari Pemerintah Kota Semarang.

Kepala BPN Kota Semarang, Sriyono mengatakan, sosialisasi dan pendataan ke seluruh warga yang lahannya terdampak pembangunan SORR selatan sudah dilakukan. Data meliputi lahan yang terdampak, bangunan hingga tanaman.

‘’Dari data itu kita lakukan appraisal untuk menentukan nilai ganti rugi yang akan diberikan kepada warga,’’ katanya, Minggu (28/1).

SORR selatan yang menghubungkan Mangkang ke Mijen panjangnya 10,5 kilometer. Menurutnya, ada tiga kelurahan yang dilalui dan terkena dampak. Namun lahan yang sudah terbebaskan pada akhir 2017 lalu baru ada 9 bidang.

“SORR Mangkang-Mijen ini menjadi fokus untuk diselesaikan. Setelah itu kami akan lanjut ke SORR utara yaitu Mangkang-Arteri Yos Sudarso,’’ katanya.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Semarang, M Farchan memastikan, diubahnya proyek SORR menjadi jalan tol tidak akan merubah Detail Engineering Design (DED) proyek yang sudah ada.

Hanya saja perlu dilakukan penyesuaian-penyesuaian. Dalam proyek ini Pemerintah Kota Semarang diakui memang hanya berperan melakukan pembebasan lahan. Sedangkan pembangunan fisiknya oleh Pemerintah Pusat.

“Misalnya terkait pintu tol yang mungkin nanti diperhitungkan ditempatkan di mana. Kalau ada perubahan sedikit itu biasa, kan perlu penyesuaian,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Iswar Aminudin mengatakan, belum bisa menjelaskan rencana SORR diubah menjadi jalan tol secara detail. Sebab saat ini masih dikaji oleh Pemerintah Pusat. (duh)

You might also like

Comments are closed.