Pemberlakuan Jalur Searah Diklaim Tunjang Pariwisata

METROSEMARANG.COM – Pemkot Semarang telah memberlakukan kebijakan satu arah di Jalan Basudewo dan Jalan Bojong Salaman pada Senin (10/4) lalu. Pemkot mengklaim pemberlakuan satu arah di jalan yang ada di sisi timur dan barat Sungai Banjir Kanal Barat (BKB) itu dapat menunjang pariwisata.

Pemasangan rambu pendukung pemberlakuan jalur searah di Jalan Bojong Salaman, Senin (10/4). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Tri Wibowo mengatakan, dengan adanya pemberlakuan satu arah di dua jalan tersebut ikut menunjang pariwisata di sekitar BKT. Selama ini area di sekitar BKT sering digunakan untuk menggelar kegiatan termasuk di Taman Pleret.

‘’Selain itu, mengurai kemacetan di Jalan Basudewo yang dekat dengan Simpang Kaligarang. Ruas jalan itu sempit hanya lima meter tetapi selama ini dibuat dua lajur, sehingga kendaraan antre cukup panjang hingga ratusan meter,’’ katanya, Jumat (14/4).

Ia yakin tujuan tersebut dapat tercapai, karena dari evaluasi pemberlakuan satu arah yang telah diterapkan sebelumnya terbukti cukup efektif mengurai kemacetan. ‘’Meskipun pengguna jalan harus memutar lebih jauh tapi lalu lintas relatif lancar. Karenanya diterapkan juga di sekitar BKT,’’ ujarnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.