Pemegang KIA Diharapkan Bisa Dapat Diskon Beli Buku

METROSEMARANG.COM – Komisi A DPRD Kota Semarang meminta Kartu Identitas Anak (KIA) yang akan diluncurkan oleh pemerintah kota bisa memiliki banyak fungsi. Tidak sebatas hanya sebagai kartu identitas biasa, misalnya bisa untuk mendapatkan diskon harga ketika anak membeli buku.

Ilustrasi. Kartu Identitas Anak (KIA) diharapkan juga bisa berfungsi untuk memeroleh buku murah. Foto: metrosemarang.com/dok

Anggota Komisi A DPRD Kota Semarang Sovan Haslin Pradana mengatakan, dewan sangat mendukung program baru dari pemkot tersebut. Pihaknya mendorong program tersebut bisa terlaksana hingga tuntas di tahun 2018 yakni membuat sebanyak 203 ribu KIA.

‘’Hasil koordinasi dengan Dispendukcapil sebenarnya target tahun ini bisa membuat 30 ribu KIA. Tapi karena harga satuannya sudah jadi Rp 5 ribu dari sebelumnya Rp2.500 sehingga dikurangi hanya 13 ribu KIA,’’ terangnya, Rabu (29/3).

Ia menyatakan dewan siap menambahkan anggaran di perubahan dan anggaran murni 2018 untuk terlaksananya program KIA ini dengan lancar. Pihaknya berharap pemkot dapat mengejar target pembuatan KIA sebanyak 203 ribu tersebut.

Namun, pihaknya mengharapkan KIA nantinya tidak hanya berfungsi sebagai kartu identitas biasa. Tapi sebaiknya juga bisa untuk kegunaan lainnya, misalnya mendapatkan diskon ketika anak membeli buku dan perlengkapan lainnya di toko buku atau masuk ke tempat wisata.

‘’Pemkot diharapkan aktif bekerjasama dengan swasta atau investor dan pihak swasta pun kami harapkan mau bekerjasama demi untuk kemajuan Kota Semarang,’’ katanya.

Ditambahkan, rencananya pemkot akan membuat KIA sama bentuknya seperti EKTP tetapi warnanya merah. Selain itu juga tidak ada chipnya dan untuk anak usia 0-5 tahun KIA tidak aka nada fotonya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang, Mardiyanto mengatakan, pihaknya sudah bekerjasama dengan sejumlah toko buku yang siap memberikan diskon harga 20% bagi anak pemegang KIA. Seperti misalnya dengan toko buku Toga Mas.

‘’Termasuk juga dengan tempat-tempat wisata, yang sudah kasih jawaban adalah Water Blaster yang siap memberikan diskon tiket 20%,’’ katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.