Pemeriksaan Kesehatan Calon Wali Kota Sesuai Standar Pilpres

Sigit Ibnugroho memberi keterangan di sela pemeriksaan kesehatan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Sigit Ibnugroho memberi keterangan di sela pemeriksaan kesehatan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Sembilan dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dikerahkan untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang dalam melakukan tes kesehatan para pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Rabu (29/7).

Kesembilan dokter tersebut merupakan dokter spesialis yang ditugaskan untuk masing-masing bidang. “Ada beberapa item yang diperiksa, yaitu penyakit dalam, mata, telinga, radiologi, treadmill, gigi, saraf dan lain-lain,” ujar Ketua IDI Kota Semarang, Elang Sumambar.

Dia menyebutkan, prosesi tes kesehatan yang dilakukan layaknya tes kesehatan yang dijalani saat Pilpres lalu. Untuk hasil tesnya, akan diberikan kepada KPU Kota Semarang sekitar dua sampai tiga hari mendatang.

Pemeriksaan kali ini, lanjut Elang, sudah sangat dipersiapkan dengan menggunakan satu gedung, yaitu Gedung instalasi Rehabilitasi Medik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang. Selain itu, satu kandidat akan didampingi satu perawat.

Dia menjamin, hasil akan langsung diserahkan ke KPU Kota Semarang tanpa ada campur tangan dari Tim dokter. “Kami hanya menyerahkan hasilnya. Untuk penentu lolos atau tidaknya, itu merupakan kewengangan KPU,” pungkasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.