Pemkot Ajak 25 UMKM Ikut Festival Tong-Tong Fair di Belanda

METROSEMARANG.COM – Sebanyak 25 UMKM handycraf dan kuliner Kota Semarang akan mengikuti Festival Tong-Tong Fair di Den Haag, Belanda. Hal ini merupakan upaya Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menjadikan UMKM asal Semarang bisa menembus pasar internasional.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang menunjukkan produk pelaku usaha mikro pada kegiatan SIM di Banjir Kanal Barat. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

‘’Festival Tong-Tong Fair di Den Haag Belanda akan digelar mulai 25 Mei sampai 8 Juni mendatang. Salah satunya ada Paviliun Indonesia, d imana beberapa pemkab/pemkot di Indonesia bisa ikut serta,’’ jelas Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, di balai kota Jumat (19/5).

Bagi Kota Semarang ini adalah kali pertama bisa ikut serta dalam festival internasional tersebut. Dimana nantinya Semarang akan menampilkan produk handycraf dan kuliner. Pihaknya menginginkan produk-produk UMKM yang dibawa tersebut bisa menembus pasar internasional sehingga menjadi maju.

‘’Pemkot Semarang sedang giat-giatnya melakukan penjajagan UMKM. Contoh 25 Mei ini Saya akan ke Belanda, sedangkan pada bulan Agustus nanti Wali Kota juga akan ke Moskow (Rusia),’’ katanya.

Dengan ikut serta Festival Tong-Tong Fair, pihaknya juga berharap bisa menarik wisatawan Belanda untuk datang ke Kota Semarang khususnya  ke Kota Lama. Karena dari sejarahnya di Kota Lama banyak sekali peninggalan Belanda bahkan dikenal sebagai Little Netherland.

‘’Jadi selain UMKM go internasional, degan ikut serta festival ini kita bisa menarik wisatawan datang ke Semarang dan sekaligus mendapatkan data-data tentang Kota Lama lebih mudah,’’ pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.