Pemkot akan Jadikan Haul Habib Hasan sebagai Wisata Religi

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang berkomitmen meningkatkan pariwisata salah satunya wisata religi. Dalam waktu dekat, pemerintah akan mewujudkan wisata religi di makam Habib Hasan bin Thoha bin Muhammad bin Yahya.

Iswar Aminnudin, Ketua OC Haul Habib Hasan. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Habib Hasan merupakan seorang ulama dan tokoh pejuang Bangsa Indonesia. Dia wafat tahun 1818 Masehi dan dimakamkan di Jalan Duku, Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang (belakang Java Mall).

Habib Hasan dilahirkan dari pasangan Habib Thoha bin Muhammad al-Qadhi (Pangeran Terboyo) bin Yahya dengan Syarif Fathimah binti Husain bin Abu Bakar bin Abdullah Al-Alydrus tahun 1736 Masehi.

Dia juga dikenal sebagai Syekh Kramat Jati, Raden Tumenggung Sumodiningrat, Senopati Agung Ing Mataram dan Singo Barong.

‘’Sejarah beliau telah mewarnai kehidupan bangsa. Ini akan membuat kami semangat. Ini menjadi bagian nguri-nguri sejarah bangsa. Dan akan kami agendakan sebagai wisata religius,’’ kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Kamis (22/2).

Untuk mengawali program wisata religi di Makam Habib Hasan ini, Hendi, sapaan wali kota, akan langsung turun tangan menjadi Ketua Panitia Steering Committee (SC) Haul Habib Hasan, yang akan digelar di Jalan Duku Kelurahan Lamper Kidul, Semarang Selatan.

Selain itu sebagai Ketua I Komandan Kodim 0733/BS Semarang, Ketua II Kapolrestabes Semarang, Ketua III Kepala Kemenag Kota Semarang, dan sebagai Sekretaris Umum Letkol Reza Anom.

Sebagai Ketua Panitia Organizing Committee (OC), Wali Kota Hendi juga menunjuk Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Iswar Aminnudin. Kepanitiaan haul ini disebutkan memang merupakan perpaduan pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat.

‘’Haul Habib Hasan bin Thoha ini bertujuan untuk melestarikan tradisi warisan para leluhur, nilai-nilai moral kepahlawanan, serta turut berperan aktif menumbuhkan kecintaan negara Indonesia dan budaya,’’ tegas Hendi.

Sementara itu, Ketua OC Haul Habib Hasan, Iswar Aminnudin mengatakan, Haul Habib Hasan akan dilaksanakan mulai hari Rabu (28/2) malam dengan kegiatan Khataman Alquran, bertempat di Jalan Duku Kelurahan Lamper Kidul.

Dan dilanjutkan hari Kamis (1/3) mulai pukul 00.00-23.40 dengan kegiatan khataman alquran, pembacaan dalailul khoirot. Untuk acara inti yaitu kirab merah putih, pembacaan surat yasin dan tahlil, pembacaan sholawat thoriqiyah, pembacaan manaqib serta pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

‘’Untuk Kirab Merah Putih yaitu untuk memeriahkan acara haul yang akan diikuti para pelajar, paskibraka, satpol PP, dan drumband. Dengan rute mulai dari Jalan Tentara Pelajar, MT Haryono, A Yani dan finis di Simpanglima,’’ jelasnya.

Iswar mengatakan, peserta yang hadir diperkirakan lebih dari 10.000 orang, Termasuk tamu VVIP yang diundang mulai dari Kapolri, Panglima TNI, mantan Panglima TNI, Sultan Hamengkubuono X, Plt Gubernur Jateng, Raja Kutai Kartanegara, Kapolda Jateng, Pangdam IV/Diponegoro, Kakanwil Kemanag Jateng, Pengangeng Pangulon Keraton Jogjakarta serta lainnya.

‘’Kami akan menutup beberapa ruas jalan untuk kegiatan dan akan menyedian kantong-kantong parkir, jadi bagi masyarakat yang merasa terganggu kami mohon pengertiannya,’’ kata Iswar. (duh)

You might also like

Comments are closed.