Pemkot Antispasi Serangan Virus Ransomware di Layanan RSUD

METROSEMARANG.COM – Ancaman teror Virus Ransomware yang sedang menjadi pembahasan serius hampir di seluruh dunia juga menjadi perhatian oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Pasalnya hampir seluruh pelayanan publik di Kota Semarang sudah berbasis online yang terhubung dengan internet.

Wali Kota Hendrar Prihadi melakukan sidak di RSUD Wongsonegoro, Selasa (11/4). Foto: metrosemarang.com/dok

“Dua hari yang lalu mengetahui tentang teror virus ransomware dari berbagai media. Dan karena hampir seluruh pelayanan di Kota Semarang termasuk RSUD terhubung dengan internet (SMART City) maka hal tersebut menjadi perhatian serius bagi saya,” ujar Wali Kota Semarang yang biasa disapa Hendi, Senin (15/5).

Sistem pengelolaan Smart City di Kota Semarang sendiri sudah selalu dilakukan pemeliharaan secara berkala. Namun pihaknya tetap melakukan langkah antisipasi khususnya dalam pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

“Walaupun sebenarnya dalam sistem pengelolaan Smart City kami terus melakukan pemeliharaan berkala termasuk memperbarui sistem operasi, namun untuk antisipasi khususnya di RSUD KRMT Wongsonegoro sambungan ke internet kami putus jam 00.00 malam tadi (15/5),” terangnya.

Menurutnya, butuh waktu sekitar tiga jam untuk pihaknya melakukan backup sistem Smart City di RSUD secara offline, dan baru jam 03.00 dini hari tadi sambungan internetnya diaktifkan kembali.

“Alhamdulillah proses tersebut berjalan lancar, dan sampai saat ini tidak ada sistem pelayanan yang terganggu,” pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.