Pemkot akan Bagikan 13.000 Kartu Identitas Anak

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang berencana membuat kartu identitas khusus untuk anak-anak. Kartu yang diberi nama Kartu Identitas Anak (KIA) itu dalam tahap pertama tahun ini akan dicetak sebanyak 13 ribu kartu.

Ilustrasi. Anak-anak menyaksikan wayang orang di TBRS. Pemkot berencana meluncurkan kartu identitas anak (KIA). Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Semarang, Mardiyanto mengatakan, tahun ini pembuatan KIA masih sebagai pilot project. Nantinya secara keseluruhan KIA akan dibuat sebanyak 203 ribu di tahun 2018, sekaligus launching program KIA tersebut.

‘’Jadi sesuai data, anak yaitu orang yang berusia 0-17 tahun, atau belum wajib ber-KTP saat ini ada 203 ribu. Bisa saja bertambah karena ada yang baru lahir. Di tahun 2018 ditarget semuanya bisa memiliki KIA,’’ katanya, Rabu (29/3).

Untuk tahun ini, karena masih pilot project maka pembuatan KIA dilakukan selektif. Rencananya akan berkerjasama dengan lembaga sekolah tertentu dulu yang mewakili 16 kecamatan yang ada. Karena jumlahnya terbatas hanya 13 ribu KIA. ‘’Ketersediaan blankonya hanya 13 ribu, sehingga kita harus selektif dulu,’’ ujarnya.

Sementara teknis mendapatkan KIA, Mardiyanto menjelaskan, anak nantinya harus mengisi formulir. Dengan melampirkan Kartu Keluarga (KK), e-KTP kedua orang tua dan foto 3 x 2. Biayanya gratis karena semua ditanggung pemerintah kota.

‘’Untuk warga yang baru pindah di Semarang harus menyertakan surat keterangan dari RT/RW setempat. Bentuknya KIA persis seperti e-KTP tapi tidak ada chipnya dan gratis,’’ tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.