Pemkot Didorong Segera Terapkan e-Parking

METROSEMARANG.COM – Komisi B DPRD Kota Semarang mendorong pemerintah kota segera melaksanakan rencana pembayaran retribusi parkir tepi jalan secara elektronik atau e-parking. Penerapan e-parking tersebut dinilai sudah sangat mendesak.

Penertiban parkir di Jalan Ahmad Yani, beberapa waktu lalu. Semarang dinilai sudah saatnya menerapkan e-parking. Foto: metrosemarang.com/dok

‘’Selama 3 tahun anggaran sejak 2014 target parkir yang hanya Rp 3,7 miliar tidak pernah tercapai. Padahal melihat daerah lain yang kondisinya hampir sama dengan Kota Semarang potensi penerimannya cukup besar, bisa mencapai puluhan miliar,’’ kata Ketua Komisi B Agus Riyanto Slamet di Kantor DPRD, Senin (3/4).

Karena itu, pihaknya mendesak e-parking harus segera dilaksanakan untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir tepi jalan umum. Semakin besar PAD maka pembangunan pun juga akan semakin lancar.

Kondisi Kota Semarang dinilai cukup besar dan banyak sekali kendaraan yang parkir di tepi jalan umum. Sehingga semestinya target penerimaan PAD yang hanya Rp 3,7 miliar bisa dengan mudah terpenuhi.

Menurutnya, sistem e-parking ini memiliki kelebihan dibandingkan penarikan parkir secara manual. Bisa menekan kebocoran karena terhubung dengan server sehingga pendapatan retribusi parkir bisa seluruhnya masuk kas daerah.

‘’Kalau dengan e-parking bisa mengontrol karena langsung terhubung dengan sistem di Dipenda (Dinas Pendapatan Daerah),’’ katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.