Pemkot Gandeng PT PPI Bangun Galeri Industri Kreatif di Kota Lama

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang menggandeng salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Perusahaan Perdagangan Indonesia atau PPI (Persero) untuk mengembangkan Kota Lama. Dengan kerjasama ini diharapkan Kota Lama akan menjadi destinasi wisata favorit yang eksotis dan pusat fashion.

Mbak Ita dan perwakilan PT PPI (Persero) saat meninjau ase bangunan milik PT PPI di Kota Lama yang akan dijadikan Galeri Industri Kreatif, Kamis (15/3). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dengan adanya kolaborasi antara Kementerian Perindustrian, Pemkot Semarang, dan perusahaan yang memiliki aset bangunan maka upaya revitalisasi Kota Lama akan berjalan lebih cepat.

‘’Salah satu bangunan aset PT PPI ini akan dijadikan rumah promosi industri kecil menengah atau istilah kerennya yaitu Galeri Industri Kreatif,’’ kata Mbak Ita, sapaannya yang juga Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang saat meninjau aset bangunan PT PPI di Kota Lama usai penandatanganan kerjasama, Kamis (15/3).

Galeri Industri Kreatif yang bertempat di aset milik PT PPI itu di dalamnya di antaranya nanti akan ada fashion, kerajin tangan, kuliner, furniture,pakaian jadi hingga periklanan. Wisatawan asing yang berkunjung ke Kota Lama nantinya tidak harus jauh-jauh untuk melihat industri kreatif di Jawa Tengah.

Menurut Ita, dengan adanya sinergi antara beberapa pihak ini akan membuat Kota Lama menjadi lebih bagus. Apalagi saat ini juga sedang berlangsung pembangunan infrastruktur Kota Lama oleh Kementerian PUPR seperti jalan, drainase, dan taman.

‘’Harapannya tahun 2019 Kota Lama sudah bisa menjadi destinasi wisata favorit di Jawa Tengah bahkan Indonesia. Karena tempat wisata seperti Kota Lama di Indonesia hanya ada dua, yaitu Kota Tua Jakarta dan Kota Lama Semarang,’’ tegasnya.

Sementara itu, Direktur Teknik Umum dan Pengembangan PT PPI (Persero) Bagja Ardi Mustawan mengatakan, luas aset PT PPI di Kota Lama yang disiapkan untuk Galeri Industri Kreatif adalah hampir 2.000 meter persegi. Terdiri atas 4 blok yang semuanya saat ini masih kosong.

‘’Kami memiliki sebanyak 526 titik aset yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan sampai saat ini baru 146 yang sudah dikelola dan dikerjasamakan seperti di Kota Lama Semarang ini,’’ tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.