Pemkot Gelar Wayang Kulit Peringati Hari Lahir Pancasila

METROSEMARANG.COM – Pagelaran wayang kulit bertajuk Sirnaning Angkoro Murko dengan dalang Ki Dwijo Kangko bakal digelar Pemkot Semarang bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri. Kegiatan memperingati hari lahir Pancasila 1 Juni ini dihelat di Lapangan Simpang Lima, Kamis (1/6), pukul 21.00 WIB atau sesudah salat tarawih hingga 03.00 dini hari.

Hendi-Ita berkomitmen untuk melestarikan budaya Jawa di Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok

Selain upaya memberikan hiburan rakyat, sekaligus memperkuat dan meneguhkan ulang  nilai-nilai dasar Pancasila. Agar bisa diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan bahasa yang  mudah dipahami rakyat.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Semarang Achyani menjelaskan, lakon akan bercerita tentang perjalanan Prabu Rama Wijaya yang mengemban tugas duta keadilan dan kebenaran, yaitu membasmi angkara murka agar dunia aman, tentram dan damai.

Untuk itu, berangkat Prabu Rama ke negara Alengka untuk menaklukkan Raja Alengka yang menjadi sumber angkara murka. Dalam rombongannya, mengajak serta Kyai Semar untuk meminta bimbingan dan petuah agar bisa melaksanakan tugasnya dan para kera.

Akhirnya, Prabu Rama Wijaya dapat melaksanakan tugas dengan sempurna dan tuntas membunuh raja angkara yaitu Prabu Dasamuka.

Pagelaran wayang kulit ini gratis bagi masyarakat dan rencananya juga dihadiri oleh Mendagri Tjahyo Kumolo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wali Kota Hendrar Prihadi. Setelah nonton rencananya juga diselenggarakan sahur bersama Mendagri dengan masyarakat.

”Saya harap masyarakat Kota Semarang bisa hadir menyaksikan dan disediakan hidangan makan sahur. Tentunya ini jadi momentum istimewa di mana hari lahir Pancasila tahun ini bertepatan dengan bulan suci Ramadan. Insha Allah menjadi berkah bagi seluruh warga,” jelas Achyani.

Dia mengatakan, Hari Lahir Pancasila telah ditetapkan hari libur nasional berdasarkan keputusan Presiden No 24 Tahun 2016. Sedangkan Pekan Pancasila berlangsung mulai tanggal 29-31 Mei 2017.

”Sesuai edaran Mensesneg setiap kantor pemerintah wajib menggelar upacara bendera. Pemkot Semarang pun akan menggelar upacara bendera di Halaman Balai Kota pada Kamis mendatang,” pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.