Pemkot Genjot Konsumsi Ikan Warga 30 Kg Per Tahun

METROSEMARANG.COM – Dinas Perikanan Kota Semarang berupaya mencapai target nasional konsumsi ikan yang ditetapkan sebanyak 30 Kg per orang per tahun. Saat ini tingkat konsumsi ikan warga masyarakat Kota Semarang sudah mencapai 28 Kg, lebih tinggi dari target yang ditetapkan provinsi hanya 24 Kg.

Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang, I Gede Made Agung, saat perlombaan masak berbahan ikan patin yang diselenggarakan di halaman Balai Kota Semarang, Selasa (18/4). Menurutnya, untuk mencapai target tersebut pihaknya melakukan berbagai upaya.

Untuk menggenjot konsumsi ikan masyarakat, pihaknya di antaranya melakukan perlombaan dan sosialisasi. Baik itu kepada petani ikan maupun konsumen. Selain itu pelatihan-pelatihan kepada masyarakat tentang pengolahan ikan, budi daya ikan, hingga sosialisasi gemar makan ikan yang dilakukan secara rutin.

“Banyak variasi yang kita lakukan, di antaranya lomba masak ikan ini juga,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan upaya untuk menambah produksi ikan air tawar di Kota Semarang. Dengan cara akan membuka beberapa lahan budi daya baru di lahan yang tersedia.

“Kita akan perbesar budi daya ikan, dengan manfaatkan tanah-tanah kosong di Semarang untuk budi daya baru, sehingga produksi ikan akan meningkat,” tegasnya.

Keberadaan Pasar Ikan Rejomulyo atau Pasar Kobong, tambahnya, juga akan mendukung tercapainya target konsumsi ikan 30 Kg per orang. Setiap hari ikan hasil budi daya maupun hasil tangkapan nelayan yang dijual di pasar tersebut mencapai 25 ton. (duh)

You might also like

Comments are closed.