Pemkot Kucurkan Bantuan untuk 17 Pedagang Korban Kebakaran Pasar Yaik

Penyerahan bantuan korban kebakaran Pasar Yaik, Rabu (2/3). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Penyerahan bantuan korban kebakaran Pasar Yaik, Rabu (2/3). Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

METROSEMARANG.COM – Pemenrintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Pasar dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan bantuan stimilus kepada 17 pedagang Pasar Yaik yang terkena musibah kebakaran, Sabtu (27/2) malam lalu. Bantuan tersebut dikategorikan menjadi dua yaitu kategori rusak sedang dan rusak berat.

Bantuan diserahkan langsung oleh Wali Kota Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Heaverita G Rahayu, Rabu (2/3). Hendi mengungkapkan, jika ditotal keseluruhan kerugian pedagang bisa mencapai hampir Rp 5 miliar. Pihaknya merasa berat jika membantu total jumlah kerugian tersebut.

“Kita kasih bantuan dengan kriteria rusak berat dan sedang sebagai hasil koordinasi kami di tingkat Pemkot dengan pedagang, dan sekadar meringankan beban,” kata Hendi usai menyerahkan bantuan.

Bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 7,5 juta untuk kategori rusak berat diberikan kepada 9 pedagang. Sedangkan kerusakan sedang, sebesar Rp 5 juta diterima 8 pedagang.

Salah seorang pedagang penerima bantuan kategori rusak berat, Suharti mengungkapkan, meski sudah menerima bantuan dia tetap harus memutar otak untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari selama perbaikan kios sampai selesai. “Cepat-cepat direnovasi, biar kita bisa nyari uang lagi untuk kebutuhan sehari-hari,” ucapnya.

Selain itu, para pedagang yang mempunyai pinjaman kredit di bank juga dibebaskan bunga selama 6 bulan. Penyerahan bantuan yang berlangsung di Masjid Agung Kauman tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pasar Trijoto Sarjoko dan Kepala BPBD Kota Semarang Iwan Budi Setiawan. (din)

You might also like

Comments are closed.