Pemkot Minta Bantuan Dana Pusat untuk Benahi Johar

Kebakaran yang melanda Pasar Johar diperkirakan mencapai hampir Rp 400 miliar. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Kebakaran yang melanda Pasar Johar diperkirakan mencapai hampir Rp 400 miliar. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang akan meminta bantuan ke pusat untuk merevitalisasi Pasar Johar. Saat ini, dana yang dimiliki sebesar Rp 10 miliar yang bersumber dari APBD dirasa masih sangat kurang.

“Untuk kebutuhan revitalisasi masih kami bicarakan dengan pemerintah provinsi dan pusat. Gubernur sudah menyatakan siap untuk membantu,” kata pria yang akrab disapa Hendi (11/5) di kantornya.

Untuk konstruksi bangunan, Hendi mempercayakan kepada kontraktor. Jika memang bisa dipertahankan sebagai cagar budaya, maka akan dipertahankan semaksimal mungkin.

“Namun jika tidak bisa dipertahankan, terpaksa dibongkar. Kami juga akan melibatkan tim cagar budaya dan pakar untuk formulasi teknis apakah kebakaran seperti itu akan berpengaruh pada konstruksi,” terangnya.

Kebakaran yang terjadi di Pasar Johar, Sabtu (9/5) malam, mengakibatkan kerugian mencapai ratusan miliar. Menurut Wali Kota, kerugian total akibat kebakaran musibah tersebut adalah Rp 376.429.200.000. Dengan rincian Rp 60 miliar adalah kerugian fisik, sedangkan sekitar Rp 316 miliar adalah barang dagangan. (ade)

 

You might also like

Comments are closed.