Pemkot akan Rehab Pasar Mijen yang Kondisinya Rusak

METROSEMARANG.COM – Kondisi Pasar Mijen Kota Semarang yang rusak dikeluhkan oleh para pedagang. Seperti bangunan pasar yang bocor, plafon ambrol dan lantai tanah yang becek. Keluhan itu disampaikan saat Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengunjungi pasar, Selasa (24/1).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berdialog dengan pedagang saat meninjau Pasar Mijen, Selasa (24/1). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Salah seorang pedagang Mujiono mengatakan, atap pasar banyak titik yang bocor sehingga saat hujan air masuk ke dalam pasar. ”Terutama pada talang banyak yang bolong sehingga mengganggu pembeli yang mau berbelanja,” kata pedagang bumbon dan sayuran ini.

Atap yang bocor itu membuat lantai pasar yang hampir semuanya masih tanah menjadi becek. Sehingga membuat pasar terkesan kumuh dan akan membuat minat masyarakat berbelanja di pasar berkurang.

Indah, pedagang lainnya mengatakan, atap pasar di bagian depan bangunan pasar juga ambrol di beberapa titik. Sehingga menjadikan pasar semakin terlihat kumuh karena banyak bangunan yang rusak. Harapannya pasar segera bisa diperbaiki.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menanggapi, pemkot akan segera memperbaiki Pasar Mijen tersebut yang rusak. Tahun ini detail enggineering design (DED) rencana pembangunan pasar akan dibuat dan ditargetkan September sudah selesai.

”Sehingga diharapkan tahun depan pembangunan fisiknya bisa dilakukan agar pasar menjadi lebih baik,” katanya.

Alokasi anggaran untuk pembangunannya masih menunggu DED selesai. Tetapi diharapkan pembangunan pasar cukup satu lantai kecuali jika tidak mencukupi untuk semua pedagang yang ada.

”Kalau nanti satu lantai kajiannya tidak mencukupi untuk menampung semua pedagang ya bagaimana lagi, mungkin bisa lebih satu lantai,” katanya.

Kabid Perdagangan Ekspor Impor Dinas Perdagangan Kota Semarang Bachtiar Efendi menambahkan, pembangunan Pasar Mijen akan dilakukan dengan merehab total seluruh bangunan. (duh)

You might also like

Comments are closed.