Pemkot Semarang akan Luncurkan Layanan Pengaduan 112

METROSEMARANG.COM – Terobosan pelayanan yang mudah dan cepat kembali di buat oleh Pemerintah Kota Semarang. Kali ini, Pemkot berencana meluncurkan layanan pengaduan satu nomor telepon yakni 112, yang terintegrasi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Nana Storada
Foto: metrosemarang.com/dok

Saat ini, di masing-masing kantor pelayanan Pemkot Semarang masih memiliki nomer telepon yang berbeda-beda. Dengan adanya layanan pengaduan satu nomor ini, maka nanti diharapkan akan memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan aduan kepada Pemkot.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Statistik (Diskominfo) Kota Semarang, Nana Storada menjelaskan, saat ini semua infrastruktur penunjang untuk penerapan sistem layanan satu nomor gratis 112 itu sudah disiapkan. Termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) juga sudah dipersiapkan dengan baik.

‘’Saat ini, kita tinggal masih menunggu perizinan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi atau Kominfo RI, terkait penggunaan nomer 112,’’ katanya di balai kota, Rabu (7/3).

Perizinan itu diperlukan, karena menurutnya program satu nomer pengaduan ini merupakan program nasional, yang rencananya diterapkan ke berbagai daerah. Meski demikian Kota Semarang tidak termasuk yang dijadikan sebagai kota percontohan.

Sementara itu, untuk aduan masyarakat lewat fasilitas sistem pelaporan online yang sudah ada yaitu LaporHendi sendiri, Nana menjelaskan penggunanya juga semakin meningkat. Karena sosialisasi kepada masyarakat menurutnya terus gencar dilakukan pemerintah.

Setiap hari, rata-rata ada sebanyak 30 pengaduan dari warga masyarakat yang masuk ke sistem LaporHendi.

‘’Dari pengaduan tersebut ada lima OPD yang berada di peringkat 5 terbanyak mendapat keluhan dari warga, yakni Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perdagangan, Satpol PP dan Dispendukcapil,’’ katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.