Pemkot Semarang akan Rintis Pendidikan Gratis di Sekolah Swasta

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang akan merintis pendidikan gratis di sekolah-sekolah swasta mulai 2018. Sekolah gratis tersebut akan diberikan kepada siswa yang tidak mampu di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) swasta yang berada di bawah pengawasan Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Kadinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Kota Semarang, Bunyamin usai mengikuti Peringatan Hari Pahlawan ke- 72 di PAUD,TK dan SD Labschool Unnes Jalan Menoreh Tengah, Sampangan, Selasa (7/11).

“Wali Kota Semarang (Hendrar Prihadi) berkeinginan untuk meringankan beban bagi anak-anak kita yang bersekolah di swasta, terutama yang miskin. Kalau yang di negeri sudah clear. Tidak ada persoalan,” tegas Bunyamin.

Dia juga menjelaskan, dasar keinginan Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pemindahan Kewenangan Penyelenggaraan Pendidikan Menengah dari Pemerintah Kabupaten/Kota ke Pemerintah Provinsi. Sehingga, anggaran yang sebelumnya diperuntukan SLTA, SMA dan SMK akan dialihkan ke sekolah SD dan SLTP.

“Yang miskin beberapa tahun yang lalu dikawal melalui beasiswa miskin. Tapi itu ternyata masih belum memberikan dampak yang bagus untuk prestasi,” beber Bunyamin.

Oleh karenanya, pada akhir tahun 2017 ini, pihaknya sedang menyusun progam rencana sekolah gratis bagi SD dan SLTP swasta yang tahun-tahun sebelumnya, Pemkot Semarang hanya sekadar memberikan bantuan beasiswa saja.

“Tahun ini kita coba rancang. Nantinya ada beberapa sekolah (swasta) yang difullkan, namun untuk sekolah swasta yang sudah kuat tidak ada masalah,” pungkasnya. (fen)

You might also like

Comments are closed.