Pemkot Semarang Kolaborasi bareng Kedungsepur Tingkatkan Pertumbuhan Wilayah

METROSEMARANG.COM – Kerja sama dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang dengan daerah-daerah lain di sekitarnya yang sering dikenal dengan daerah Kedungsepur. Yakni dengan Kabupaten Kendal, Demak, Semarang, Salatiga, dan Grobogan.

Wali Kota Hendi tanda tangani MoU dengan daerah sekitar di Balaikota Semarang, Selasa (10/4). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Penandatanganan kerja sama atau MoU tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Bupati Kendal Mirna Annisa, dan perwakilan dari daerah lainnya di Gedung Moch Ichsan Lantai 8, Balaikota Semarang, Selasa (10/4).

Menurut Hendrar Prihadi, kerja sama ini dilakukan untuk menjalin sinergitas dan saling dukung antar daerah dalam upaya membangun pertumbuhan dan perkembangan daerahnya masing-masing.

‘’Banyak hal yang dapat dikerjasamakan dengan daerah Kedungsepur ini. Namun saat ini kami akan fokus pada 3 hal, yakni kerja sama di sektor pariwisata, kesehatan, dan sektor transportasi,’’ terangnya.

Wali Kota yang karib disapa Hendi ini mengatakan, kerja sama ini sangat penting, karena saat ini suatu daerah tidak akan maju kalau tidak ditopang oleh daerah-daerah di sekitarnya. Semua daerah harus saling mendukung agar tumbuh dan berkembang.

Misalnya Jakarta, kata dia, tidak akan maju jika tidak dibantu oleh daerah Tangerang, Bekasi, Bogor dan daerah sekitar lainnya. ‘’Begitu pun Kota Semarang, tidak akan bisa maju kalau tidak dibantu oleh daerah-daerah sekitarnya ini,” katanya.

Melalui kerja sama ini, dia mengharapkan semua daerah di Kedungsepur akan maju dan berkembang bersama-sama. Saat ini bukan zamannya lagi antar kepala daerah saling berkompetisi. Sebaliknya, kepala daerah harus saling berkolaborasi untuk pertumbuhan dan perkembangan wilayahnya masing-masing. ‘’Caranya adalah menjalin sinergi yang baik antar kepala daerah,’’ tegasnya.

Hendi menambahkan, Kota Semarang sebelumnya sudah menjalin kerja sama di bidang transportasi dengan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Semarang. Ke depan dalam waktu dekat kerja sama transportasi juga akan dilakukan dengan Kabupaten Demak.

‘’Tidak hanya transportasi, kami juga akan bekerja sama dalam proyek tol laut Semarang-Demak yang akan segera dibangun oleh Pemerintah Pusat,” katanya.

Kerja sama di bidang promosi pariwisata juga sudah terjalin baik selama ini. Misalnya, pihaknya juga sering mempromosikan objek wisata di daerah lain di Kedungsepur.

‘’Misalnya saya, tidak malu promosi bahwa kalau ke Semarang bisa berkunjung ke Candi Gedongsongo, Pantai Cahaya Sikucing, Karimunjawa dan lainnya. Meski tidak berada di Semarang, namun objek-objek wisata itu dekat dengan Semarang,’’ tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kendal Mirna Annisa menyebutkan kerja sama ini sangat baik untuk menunjang pembangunan di daerahnya. Apalagi daerah Kedungsepur memiliki banyak potensi.

‘’Dengan adanya kolaborasi ini akan memudahkan masing-masing daerah berkembang bersama dan maju bersama-sama,” tandasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.