Pemkot Siap Bantu Imigrasi Tangani TKI Ilegal

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyambut baik rencana Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) di kabupaten/kota. Kerjasama ini diharapkan akan dapat mencegah terjadinya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bermasalah di luar negeri.

Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI bersama jajarannya saat bertemu Wali Kota Semarang di balai kota, Jumat (19/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI telah menyatakan harus bekerjasama dengan pemkab/pemkot dalam penanganan masalah TKI. Khususnya dengan Dispendukcapil di kabupaten/kota untuk mencegah adanya para TKI ilegal.

‘’Disampaikan bahwa Imigrasi akan melakukan kerjasama di Dispendukcapil menjadi satu. Sehingga akan menjadikan sebuah sinergi untuk upaya mencegah para TKI ilegal atau non prosedural,’’ kata Ita, sapaan akrabnya usai menerima Dirjen Imigrasi Kemenkumham RI Ronny F Sompie di balai kota, Jumat (19/5).

Selain menyambut baik rencana kerjasama ini, pihaknya juga akan meminta Camat dan Lurah agar lebih jeli ketika mewawancarai orang yang mengurus perizinan untuk membuat paspor. Sebagaimana yang juga diharapkan oleh Keimigrasian. Orang yang mengurus izin umroh, ziarah, dan wisata harus dipastikan nantinya pulang ke tanah air sesuai jadwal dan tidak terus menjadi  TKI ilegal di luar negeri.

Ditambahkan, pihaknya juga bersama BP3TKI akan melakukan pencegahan terjadinya TKI bermasalah, dengan melakukan pemantauan di tempat-tempat penampungan sementara calon TKI.

‘’Meskipun penampungan resmi kita akan lihat. Di penampungan sementara para calon TKI juga harus diberikan pelatihan dan terus diberikan sosialisasi. Sehingga bisa mencegah terjadi TKI ilegal,’’ pungkasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.