Pemkot Siapkan 4 Jembatan Penyebarangan di Jalan Protokol

image

SEMARANG – Empat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) saat ini sedang dibangun di jalan protokol Kota Semarang. Pembangunan jembatan penyeberangan ini dinilai merupakan salah satu kebutuhan yang sudah mendesak bagi masyarakat. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan dan juga kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang Agus Harmunanto mengatakan, jembatan penyeberangan dibangun di Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran, Jalan A Yani dan Jalan Setiabudi. Keberadaan JPO di ruas jalan tersebut sangat dibutuhkan karena lalu lintasnya sudah cukup padat.

Pembangunan JPO dengan pertimbangan volume kendaraan yang melintas cukup padat, jalan lebar antara 14-16 meter, dan tidak ada median jalannya. Kondisi itu sangat membahayakan bagi warga masyarakat yang menyeberang jalan karena bisa saja terjadi kecelakaan.

‘’Sesuai undang-undang lalu lintas, kondisi yang seperti itu harus dibuatkan jembatan penyeberangan orang,’’ kata Agus Harmunanto Rabu (17/9/2014)

Ia yakin JPO ini akan efektif dimanfaatan oleh masyarakat yang mau menyeberang jalan di kawasan tersebut. Namun memang diakui dibutuhkan kesadaran dari masyarakat untuk menggunakan JPO ketika harus menyeberangi jalan. Pemerintah hanya memfasilitasi jembatan, efektifitasnya kembali tergantung kepada masyarakat sendiri.

‘’Alasan bisa saja dipakai para warga yang tak memilih jembatan penyeberangan. Tapi mungkin yang perlu dipikirkan bersama, penyeberang jalan sembarangan itu secara tak sadar membahayakan diri mereka plus membuat arus lalu lintas tersendat yang kemudian berimbas pada kemacetan,’’ terangnya.

Ia menegaskan perlu kerjasama bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan transportasi Kota Semarang yang baik dan lancar serta nyaman. (MS-13)

You might also like

Comments are closed.