Pemkot Siapkan Program Jangka Panjang untuk Kampung Pelangi Randusari

METROSEMARANG.COM – Kampung Pelangi di Kelurahan Randusari Kecamatan Semarang Selatan telah menjadi viral secara nasional bahkan dunia internasional. Selanjutnya Pemerintah Kota Semarang memiliki program supaya kampung yang asalnya kumuh ini benar-benar bisa disulap menjadi tempat yang menarik.

Wali Kota Hendrar Prihadi saat meninjau Kampung Pelangi. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Khususnya agar roda perekonomian warga setempat di Kampung Pelangi bisa berputar, sehingga warga semakin sejahtera. Untuk hal tersebut, dalam waktu dekat Pemkot Semarang segera membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan kelompok untuk memajukan UMKM di sana.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, akan melakukan sejumlah lompatan kegiatan untuk program berkelanjutan dari pembentukan Kampung Pelangi. Menurutnya, pihaknya akan menyiapkan fasilitas yang sifatnya pelayanan kepada pengunjung Kampung Pelangi.

”Setelah program Kampung Pelangi ini dibuat, harus ada kegiatan berkelanjutan. Untuk yang sifatnya pelayanan kami akan menyediakan seperti toilet umum, warung makan, kedai minum, dan lainnya yang akan membuat wisatawan menjadi merasa nyaman,” katanya, Kamis (18/5).

Pemkot juga meminta warga yang bertempat tinggal di Kampung Pelangi supaya membuat kreasi dan inovasi yang sesuai. Misalnya, di setiap pintu gerbang dipasang ram-ram dan dijual gembok. Sambil bercerita bahwa itu adalah gembok cinta.

”Buat cerita bahwa orang yang datang dan memasukan gembok itu di jalan masuk, maka akan menjadi sebuah pasangan yang langgeng abadi hingga kakek-nenek,” terangnya memberi contoh.

Selain itu, pihaknya ingin melakukan branded Kampung Pelangi. Dengan meminta warga masyarakat setempat supaya bisa membuat souvenir unik dan khas. Misalnya seperti bisa membuat kaos, stiker, gantungan kunci, atau lainnya yang sifatnya bernuansa dan khas Kampung Pelangi.

”Ini akan menjadikan kreasi yang mampu menumbuhkan perekonomian warga sekitar,” ujar wali kota yang disapa Hendi.

Ditambahkan, hampir 80% warga yang bertempat tinggal di Kampung Pelangi bekerjanya di Pasar Kembang yang ada di depan Kampung Pelangi. Sehingga diharapkan orang yang datang ke Pasar Kembang bisa diajak masuk jalan-jalan ke Kampung Pelangi. Mereka akan merasa mendapatkan pelayanan yang luar biasa. (duh)

You might also like

Comments are closed.