Pemkot Tegaskan Semua PKL Barito akan Direlokasi

METROSEMARANG.COM – Relokasi semua PKL di sepanjang Sungai Banjir Kanal Timur (BKT) dipastikan akan dilakukan untuk kelancaran proses normalisasi sungai. Hal itu ditegaskan oleh Dinas Perdagangan Kota Semarang mengenai masih adanya pedagang yang setuju dan tidak setuju direlokasi.

Kondisi Pasar Klithikan Penggaron. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan bantuan untuk melakukan normalisasi Sungai BKT sebagai salah satu upaya penanganan banjir dan rob. Pemerintah Kota Semarang hanya diminta menyiapkan relokasi.

”Jadi PKL Barito semua akan direlokasi, karena kawasan tersebut akan ditata lebih baik, tidak kelihatan kotor. Kondisi Banjir Kanal Timur juga sudah sangat dangkal,” katanya, Rabu (9/8).

Untuk tempat relokasi PKL, pihaknya telah menyiapkan tempat di Pasar Klithikan, Penggaron. Pasar Klithikan pembangunannya ditargetkan akan selesai 9 Desember 2017. Sehingga akhir Desember diharapkan Klithikan sudah ditempati oleh para PKL dan bantaran BKT sudah bersih.

”BBWS sudah meminta kami menyiapkan jalan untuk turunnya alat berat untuk melakukan nornalisasi BKT pada akhir Agustus. Untuk hal ini kami akan sediakan tempat kosong jalan di pinggir jembatan yang ada tiga titik, jadi belum perlu merelokasi PKL,” terangnya.

Jika relokasi tidak cukup di Pasar Klithikan, pihaknya juga akan menyiapkan Pasar Dargo, Waru dan Banjardowo untuk ditempati pedagang. Sehingga PKL harus direlokasi semua karena tempatnya mencukupi.

Sementara Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang, Agus Riyanto Slamet meminta pekerjaan pembangunan Pasar Klitikan dipercepat. Kontraktor harus menambah tenaga kerjanya karena progresnya saat ini baru 8 persen, dan sesuai schedule harusnya sudah mencapai 10 persen.

”Kontraktor harus melakukan upaya percepatan sehingga Pasar Klithikan selesai tepat waktu. Dan PKL di bantaran BKT pun juga dapat segera masuk, karena normalisasi akan segera dimulai,” tegasnya yang Rabu sore (9/8) bersama rombongan Komisi B melakukan tinjauan ke Pasar Klithikan. (duh)

You might also like

Comments are closed.