Pemprov dan Bank Jateng Beri Modal Cuma-cuma Rp 3 Jutaan Per Pedagang

Salah seorang pedagang saat menyelamatkan barang dagangannya dari amukan api yang melahap Pasar Johar. Pemprov dan Bank Jateng akan memberikan bantuan modal cuma-cuma kepada para pedagang. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Salah seorang pedagang saat menyelamatkan barang dagangannya dari amukan api yang melahap Pasar Johar. Pemprov dan Bank Jateng akan memberikan bantuan modal cuma-cuma kepada para pedagang. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

‎SEMARANG – Kebutuhan pedagang Pasar Johar tidak hanya pasar darurat, tapi juga bantuan modal. Pemprov Jateng bekerja sama dengan Bank Jateng memutuskan akan memberi bantuan modal cuma-cuma sebesar Rp 3 jutaan per pedagang.

‎Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, keputusan itu diambil setelah mendapat banyak permintaan dari pedagang.

“Ternyata pasar darurat belum menyelesaikan masalah. Mereka butuh modal untuk bisa kembali berjualan,” katanya dalam jumpa pers di Kantor Gubernur Jateng, Rabu (13/5) pagi.

Setelah berdiskusi dengan Bank Jateng, disepakati tiga skema bantuan untuk pedagang Pasar Johar. Skema pertama ialah pemberian bantuan modal cuma-cuma untuk 3760 pedagang. Jumlah tersebut berdasarkan data dari Dinas Pasar Kota Semarang.

Menurut Gubernur, bantuan ini tidak sama setiap pedagang. “Disesuaikan dengan besar kecilnya usaha. Yang kecil ya di bawah Rp 3 juta, tapi yang besar tidak akan di atas Rp 3 jutaan,” katanya.

Bantuan modal tersebut akan diberikan pada saat peresmian pasar darurat di dekat Masjid Agung Jawa Tengah. “Setelah pasar darurat jadi, pedagang mulai pindah, kita berikan,” lanjutnya.

Skema kedua yakni program Kredit Usaha Produktif khusus pedagang Pasar Johar. Bank Jateng akan memberikan kredit antara Rp 3 juta dan Rp 20 juta per pedagang. Kredit ini menggunakan bunga ringan sehingga tidak memberatkan pedagang.

Sedangkan skema ketiga ialah kredit untuk pedagang besar. Karena level usahanya, tentu saja mereka membutuhkan modal yang lebih dari Rp 20 juta. “Khusus yang membutuhkan modal lebih besar, bisa mengajukan ke Bank Jateng sendiri. Akan dibantu dengan beberapa kemudahan,” kata Ganjar.

Gubernur berharap, tiga skema bantuan ini bisa meringankan beban pedagang Pasar Johar‎. Pemprov juga akan memberikan pendampingan agar pedagang bisa berjualan lagi dengan nyaman.(byo)

You might also like

Comments are closed.