Pemprov Jateng Siagakan CCTV di 7 Lokasi Rawan Macet saat Mudik

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal memasang 15 CCTV untuk memantau tujuh titik rawan kemacetan saat arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah nanti.

Rapat koordinasi lintas dinas di Gedung Gradika Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (23/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Ketujuh lokasi yang berpotensi mengalami kemacetan tersebut berada di ruas proyek Underpass Jatingaleh Semarang, Jalan Raya Semarang-Demak, Jembatan Grawah yang menghubungkan jalur Boyolali-Selo, Paweden yang menghubungkan Banjarnegara dengan Wanayasa, Jembatan Kaliarus yang menghubungkan Banyuputih dengan Plantungan, Pengasinan yang menghubungkan Bumiayu dengan Sirampog serta Gunung Tugel di ruas Jalan Raya Purwokerto-Pegalongan Banyumas.

“Kita sudah menyiapkan 15 CCTV untuk memantau kondisi jalan, bila muncil masalah biar bisa ditanggulangi petugas di lapangan,” ungkap Sri Puryono, Sekda Provinsi Jawa Tengah, saat menggelar rapat koordinasi lintas dinas di Gedung Gradika Jalan Pahlawan, Semarang, Selasa (23/5).

Jalur alternatif yang telah disiapkan oleh petugasnya yakni dari Pemalang-Bantarbolang-Jalan Pemalang Purbalingga-Bobotsari-Purwokerto-Kebumen. Lebar ruas jalan itu sekitar enam meter sehingga sangat layak dipakai oleh para pemudik.

Menurutnya untuk mengatisipasi kemacetan parah, saat ini aktivitas perbaikan infrastruktur jalan raya terus dikebut. Ia berani memastikan bahwa pada H-30 Lebaran semua proyek perbaikan sudah kelar.

Jalur nasional diperkirakan sudah bisa dilewati mulai tanggal 25 Mei mendatang. “Jalan-jalan provinsi kita kira pas tanggal 15 Juni sudah dilewati para pemudik dari arah Jakarta maupun timur Jatim,” jelasnya.

Lebih jauh, ia menuturkan beberapa ruas jalan tol saat ini ditargetkan mampu dilintasi pemudik secara fungsional. Salah satunya di ruas tol Pemalang-Batang, Semarang-Solo, dan Solo-Ngawi.

Ia bilang ketiga jalan tol itu akan dibuka mulai H-10 menjelang Lebaran. “Sedangkan Tol Semarang-Salatiga dan Pejagan-Pemalang mulai dipakai fungsional H-7,” cetusnya. (far)

You might also like

Comments are closed.