Pemprov Siapkan Rp 9 M untuk Pembangunan Pasar Johar Sementara

Pemprov Jateng menganggarkan Rp 9 miliar untuk pembangunan Pasar Johar sementara. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha
Pemprov Jateng menganggarkan Rp 9 miliar untuk pembangunan Pasar Johar sementara. Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan mengucurkan bantuan Rp 9 miliar lebih untuk Pemkot Semarang. Dana itu untuk membantu pembangunan pasar sementara untuk pedagang Pasar Johar yang terbakar pada Sabtu (9/5) malam.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, dana sebesar itu sama dengan bantuan untuk pasar Klewer Solo. Anggaran berasal dari pos dana tak terduga APBD 2015.

“Asumsinya Solo (Pasar Klewer) kita beri bantuan Rp 9 miliar. Untuk Johar kira-kira sama, ya lebih-lebih sedikit,” katanya, Senin (11/5).

Untuk pencairannya, lanjut Ganjar, Pemprov Jateng menunggu pengajuan bantuan dari Pemkot Semarang. “Saya lagi menunggu hitung-hitungan dari Pak Hendi (Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi) untuk pasar sementara butuhnya berapa?,” katanya.

Sedangkan untuk pemerintah pusat, menurut Ganjar, hanya bisa terlibat dalam pembangunan pasar permanen. Pasar sementara hanya ditanggung bersama antara Pemkot dan Pemprov. “(Pemerintah) pusat tidak bisa kalau (pasar) sementara, nanti yang permanen,” katanya. (byo)

You might also like

Comments are closed.